Berita Terkini

KPU Minut Tetapkan Perolehan Suara Dan Calon Anggota Minut Periode 2024-2029

MINUT,NyiurPOST.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) gelar rapat pleno terbuka penetapan Perolehan kursi dan calon anggota DPRD Kabupaten Minahasa Utara periode 2024-2029 di Ruang Paripurna Kantor DPRD Tumatenden Minut, kamis (2/5/2024).

Rapat pleno terbuka dipimpin langsung Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw didampingi Anggota KPU Rizky Pogaga, Irene Buyung, Ipnu Dalih dan Sekertaris KPU Ariesto J. Matantu.

Hadir dalam rapat pleno tersebutBupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si., Forkopimda Kapolres Minahasa Utara AKBP Candung Putut Wibowo, S.Ik., S.H., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Utara Edmon Purba, S.H., M.H., Asisten 1 Umbase Mayuntu, perwakilan dari TNI dan Lantamal Manado, Kaban Kesbangpol Samy Rompis, Sekwan Josy Kawengian, pimpinan Bawaslu Minut dan pimpinan partai politik.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dalam sambutan menyampaikan, apresiasi kepada KPU dan Bawaslu dan seluruh pihak terkait yang sudah sukseskan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif sehingga bisa berjalan dengan baik.

“Banyak selamat kepada anggota dewan yang sudah ditetapkan. Saya ucapkan banyak selamat kepada partai-partai yang telah mendapatkan perolehan kursi dalam Pemilu 2024,” ucap Bupati Joune Ganda.

Sebelumnya, Ketua KPU Hendra Lumanauw mengatakan, KPU dan Bawaslu melaksanakan proses Pemilu bukan hanya hari pencoblosan, perhitungan dan penetapan, Pemilu telah dimulai sejak tanggal 14 Juni Tahun 2022 di mana prosesnya itu kita lalui bersama dengan jajaran pimpinan pengurus Partai politik dalam rangka menyeleksi dan memverifikasi peserta pemilu dilalui dengan rangkaian waktu yang panjang.

“Dari awal sampai menetapkan kusi dan Calon anggota Dewan terpilih sampai saat ini tanggal 2 Mei 2024 penetapan kursi dan calon anggota DPRD terpilih, kerja-kerja yang boleh kami jalani sampai saat ini, itu bukan karena kemampuan kekuatan KPU semata atau pun teman-teman di Bawaslu, tapi ini merupakan kerja kita bersama-sama. Hasil dari yang akan nantinya kami akan memutuskan menetapkan bacakan nanti, proses mulai dari tingkat TPS, PPK, Kabupaten dan bahkan sampai di tingkat nasional, semua kita boleh lewati dengan baik di tengah-tengah dinamika yang berlangsung dan proses yang telah kita sama-sama jalankan,” Jelas Hendra Lumanauw yang adalah mantan Jurnalis ini.

“Kami berharap setiap calon dan partai politik yang terpilih akan bekerja sesuai dengan amanat untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan Kabupaten Minahasa. KPU tidak dapat membangun infrastruktur, KPU tidak bisa membangun sekolah, KPU tidak bisa menghadirkan fasilitas kesehatan, KPU tidak dapat membangun jalan dan jembatan, tapi KPU dapat melahirkan mereka pemimpin atau wakil rakyat yang mampu untuk implementasikan cita-cita dan harapan bangsa,” imbuh Hendra Lumanauw.

Hendra Lumanauw mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Forkopimda, TNI Polri, Partai Politik, semua pihak yang telah bekerja bersama dan mendukung KPU selama tahapan Pemilu. ini semua adalah karya kita bersama, sudah teruji kerja bersama menghasilkan pemilu yang aman pemilu yang damai dan hasilnya kita nikmati bersama.

Berikut Keputusan KPU Minahasa Utara menetapkan calon terpilih anggota DPRD kabupaten Minahasa Utara menetapkan jumlah kursi DPRD Kabupaten Minahasa Utara, adalah sebagai berikut :

1. PDIP 10 Kursi.

2. Golkar 5 kursi.

3. Demokrat 4 kursi.

4. Gerindra 4 kursi.

5. Perindo 2 Kursi.

6. PKB 2 Kursi.

7. PBB 1 Kursi.

8. PSI 1 Kursi.

9. Nasdem 1 Kursi.

Berikut Calon Yang Terpilih, sebagai berikut:

DAPIL I AIRMADIDI-KALAWAT

Denny Lolong (PDIP) 3.919 suara.

Estrella Tacoh (Golkar) 1.903 suara.

Novi Paulus (PDIP) 3.829 suara.

Stendy Rondonuwu (Demokrat) 3.181 suara.

Ricky D E Lumentut (Gerindra) 1.276 suara.

Toar Pungus (NasDem) 1.039 suara.

Nontje Maramis (PDIP) 1.833 suara.

Joseph Dengah (Golkar) 1.756 suara.

 

DAPIL II DIMEMBE-TALAWAAN-LIKSEL

Chris Yodi Longdong (PDIP) 4.012 suara.

Vonny Rumimpunu (PDIP) 3.996 suara.

Christian Gaja Kolulu (Demokrat) 1.681 suara.

Cynthia Erkles (Gerindra) 3.407 suara.

Edwin Nelwan (Golkar) 2.057 suara.

Nortje Tulenan (PDIP) 3.176 suara.

Ronald Kaawoan (PSI) 1.043 suara.

Decky Wagey (PDIP) 1.045 suara.

 

DAPIL III WORI-LIKBAR-LIKTIM

Gerrit Luntungan (PDIP) 2.150 suara.

Arnaldo Kamagi (Gerindra) 3.325 suara.

Hanny Koloay (Demokrat) 1.383 suara.

Roy Pitoy (PKB) 1.423 suara.

Richardno Tatuil (Golkar) 1.806 suara.

Didik Susanto (PDIP) 2.114 suara.

Moh Darwis Hamid (PBB) 1.011 suara.

Decky Kantale (Perindo) 1.021 suara.

 

DAPIL IV KAUDITAN-KEMA

Frangky Roly Rorong (PDIP) 2.544 suara.

Anthony Pusung (Perindo) 1.617 suara.

Ifonda Nusah (Gerindra) 855 suara.

Paultje Sundah (Golkar) 940 suara.

Rimalda Tiloli (Demokrat) 1.970 suara.

Irfan Samatea (PKB) 1.863 suara.

(IS)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button