Minsel

531 Anggota PPS Pemilu 2024, Resmi Dilantik KPU Kabupaten Minsel

 

MINSEL,NYIURPOST.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan berlangsung di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan (Minsel), pada Selasa (24/1/2023).

Diketahui sebayak 531 Anggota Panitia Pemungutan Suara Pemilu 2024 se-Kabupaten Minahasa Selatan berasal dari 177 Desa dan Kelurahan di 17 Kecamatan.

Nampak kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar,SH, Jajaran Forkopimda, para Pimpina KPU dan Bawaslu Minsel, serta Kapolres Minsel.

Proses pengucapan sumpah dan janji Anggota PPS Pemilu Tahun 2024 dipimpin oleh Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga.

Dalam acara pelantikan dilakukan penandatanganan berita acara Sumpah Janji Anggota PPS Pemilu Tahun 2024 oleh perwakilan PPS, Rohaniawan, dan Ketua KPU Kabupaten Minsel, serta pembacaan Fakta Itregitas PPS Pemilu Tahun 2024, serta dilanjutkan dengan penandataganan Fakta Intregitas Anggota PPS Perwakilan Anggota PPS.

Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga dalam sambutannya menyatakan bahwa Pelantikan dan Sumpah Janji Anggota PPS merupakan tonggag awal dimulainya masa kerjanya PPS

Beliaupun menjelaskan bahwa, penyelenggaraan Pemilu ditingkat Kecamatan dari 17 Kecamatan berjumlah 85 Orang. Ditambah dengan Sekretariat total dari seluruhnya ditingkat Kecamatan adalah 136 Personil.

Dan untuk Desa/Kelurahan yang ada di 177 Desa Kelurahan, kata Sambuaga setiap Desa Kelurahan ada 3 orang KPPS.

Beliau mengatakan pula, untuk Personil 85 Anggota PPK di 17 Kecamatan dibantu oleh Sekretariat yang ada disetiap Kecamatan ada 3 Sekretariat sehingga untuk total personil yang ada di Kecamatan 136 Personil.

Sedangkan kata Beliau, di Desa Kelurahan 531 Anggota PPS ditambah dengan Staf Sekretariat sejumlah yang sama 531 Personil, sehingga menjadi 1062 Personil untuk di Desa Kelurahan. Ini kekuatan kita yang ada,” ungkap Sambuaga.

Katanya pula, untuk Kecamatan Desa dan Kelurahan ada 1198 Personil. Dan itu nanti akan ditambah oleh KPPS yang akan dibentuk kemudian menjelang pelaksanaan hari pelaksanan Pemilihan Umum.

“Oleh karena itu KPU Minsel menyampaikan bahwa KPU Minsel sudah siap untuk melaksanakan Pemilu di Tahun 2024,”kata Sambuaga.

Sementara Bupati Minsel Franky Donny Wongkar,SH yang biasa disapa FDW dalam sambutannya juga mengingatkan seluruh Anggota PPS Pemilu 2024 di Minsel untuk menjaga netralitas dan integritas.

Pentingnya menjaga netralitas dan integritas untuk Pemilu yang berkualitas sesuai dengan asas langsung umum bebas rahasia jujur dan adil (luber jurdil).

Selain itu kata FDW, Anggota PPS juga harus paham regulasi dan aturan terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

Mereka diharap menjalin komunikasi dan sinergitas dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU Minsel.

“Selamat menjalankan tugas dan lakukan yang terbaik untuk mengawal tahapan Pemilu 2024,” ucap FDW, sapaan akrab Franky Wongkar.

(HP)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button