Daerah

Andhika Baramuli Jadi Sponsor Di Pernikahan Massal

LIKUPANG,NyiurPOST,COM – Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk Dapil Minahasa Utara (Minut) – Bitung Andhika Yahya Santiago Baramuli LLB(Hons).,M.Sc., adalah salah satu satu kader muda Golkar Sulut, menghadiri nikah massal yang diadakan tepatnya di Gereja GMIM Yordan Kampung Ambong wilayah Likupang satu Kecamatan Likupang Timur (Liktim) kabupaten Minut (12/8/2023).

Kegiatan nikah massal ini di sponsori langsung oleh Andhika Baramuli yang bekerja sama dengan tokoh agama GMIM Wilayah Likupang Satu yang diketuai oleh Pdt Christofel Mengko M.Th.

Dikatakan Andhika Baramuli kegiatan yang disponsorinya ini merupakan jawaban dari kesempatan yang diberikan teman-teman yang hadir hari ini dimana terdapat permasalahan sosial terkait dengan administrasi pencatatan pernikahan yang ada di Kampung Ambong Kecamatan Liktim lebih khusus di Wilayah Likupang Satu GMIM yang terdiri dari tujuh jemaat.

“Asal muasal itu bermuara dari 6 bulan lalu yaitu sekitar bulan februari pada saat bertemu, para tokoh agama mengatakan terdapat sejumlah pasangan yang telah hidup bersama tanpa pencatatan pernikahan, pada saat itu saya diberi kesempatan untuk membantu mereka. Mereka telah hidup bersama mulai empat sampai tiga belas tahun tanpa dokumen pernikahan yang sah. Jadi saya berinisiatif membantu setelah diberi kesempatan oleh teman-teman di sini,” jelas Andhika Baramuli.

Ditambahkannya, ada sejumlah kendala, termasuk pengesahan pengadilan terkait status perceraian yang masih menggantung.

“Kami berusaha membantu proses pengesahan dari Pengadilan Negeri Airmadidi karena ada yang telah lama berpisah tanpa status yang jelas. Kami coba gali informasi yang benar, kemudian membantu mereka,” sebut Andhika Baramuli.

Pada kegiatan tersebut nampak dari Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Minut oleh Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Julius Maloringan sangat serius dan ramah melayani para pengantin yang ada.

“Hal ini akan sangat membantu keluarga yang bersangkutan terkait dengan administrasi kependudukan nanti,” ucap Julius saat di tanya awak media.

Pada kesempatan itu Ketua Wilayah Likupang Satu GMIM Pdt. Christofel Mengko mengaku bersyukur atas terlaksananya kawin masal di wilayah tugasnya.

“Ini kali yang pertama sejak dua tahun lebih saya bertugas di sini. Saya harap ini masih berlanjut, karena masih ada 29 pasangan yang sedang dalam persiapan. Terutama menyangkut keabsahan status yang menunggu putusan pengadilan. Kami targetkan bisa terlaksana pada media nopember mendatang,” pungkas Pdt. Chistofel Mengko

Tercatat lima jemaat di wilayah Likupang Satu yang telah melakukan pemberkatan nikah terhadap ke tujuh pasangan yang mengikuti nikah massal diantaranya, Jemaat Jordan Kampung Ambong 2 pasang, Jemaat Kanaan Likupang Dua 1 pasang, Jemaat Zaitun Rasaan 1 pasang, Jemaat Maranatha Likupang Satu 2 pasang, dan Jemaat Sentrum Likupang Satu 1 pasang. Tujuh pasang yang mengikuti kawin masal ini adalah, Kifly Bintang dan Kristina Roleh, Silas Hagel dan Fretty Gandaria, Joni Baraoh dan Tuti Irmawati Rumune, Nikodemus Kapal danLani Kalikis, Wiranto Sugito dan Raini Sintiawati Lahope, Rommy Pontolosang dan Sustina Brila, Hanny Tampi dan Helda Roeroe.

Ketujuh pasangan yang mengikuti kawin masal ini mengaku senang sekaligus bahagia mereka telah dicatat secara resmi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Acara tersebut boleh selesai dengan aman dan tertib serta di hadiri oleh keluarga para pengantin.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button