Minahasa Utara

Berkat Lobi Bupati Joune Ganda, Pemkab Minut Terima Bantuan 4 KM Puskesling Siap Layani Wilayah Kepulaun Dan Pesisir

MINUT,NyiurPOST.COM – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) akhirnya bisa memiliki 4 (empat) unit Kapal Motor (KM) Puskesmas Keliling yang khusus untuk melayani kepulauan dan pesisir yang ada di wilayah kabupaten Minahasa Utara. Terlihat ke empat KM tersebut Tiba di Pelabuhan Munte Kecamatan Likupang Timur (Liktim), Pagi tadi, Rabu (5/7/2023).

Pasalnya ini semua berkat lobi Bupati Joune J. E. Ganda S.E., M.A.P., M.M., M.Si., yang tujuannya untuk melayani masyarakat yang ada di wilayah kepulauan Minut.

Terinformasi, bantuan 4 KM tersebut berasal dari bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

Bupati Joune Ganda mengatakan kehadiran Puskesmas Keliling Laut ini merupakan wujud komitmen Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di kepulauan dan pesisir.

Puskesmas Keliling Laut merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas.

“Puji Tuhan Kabupaten Minahasa Utara mendapatkan bantuan dari Kementrian Kesehatan berupa empat unit Puskesmas keliling laut. Kehadiran kapal ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan dan pesisir pantai,” ucap Bupati Joune Ganda.

“Kapal Puskesmas Keliling ini akan beroperasi mulai hari Jumat 7 Juli 2023 untuk wilayah kerja Puskesmas Wori, Likupang Barat, dan Desa Kahuku Likupang Timur,” jelas Bupati Joune Ganda.

Kepala Dinas Kesehatan Minut dr. Stella Safitri menambahkan, kapal ini akan standby di beberapa pulau, nantinya akan dapat membantu masyarakat yang ada di kepulauan apabila perlu penanganan lebih lanjut dalam hal ini dirujuk, dan untuk tenaga motoris yang bertanggung jawab dengan puskesmas keliling (Pusling) laut tersebut sudah disediakan,” pungkas Kadis Kesehatan Minut yang terkenal akrab dengan wartawan ini.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button