Minahasa Utara

Bupati Joune Ganda Resmikan RMU, Ketahanan Pangan Di Minut Pasti Kuat

MINUT,NyiurPOST.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dalam hal ini Bupati Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si., lakukan terobosan baru dalam memberikan perhatian khusus bagi para petani di Kabupaten Minahasa Utara khusus melaksanakan program Hilirisasi demi mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat Minut.

Inovasi baru dalam menunjang sektor pertanian Minut ini, Bupati Joune Ganda, meresmikan Rice Milling Unit (RMU) atau mesin proses mengubah gabah menjadi beras premium atau beras berkualitas, sekaligus Gudang Penyimpanan dan Lantai Jemur Padi di Desa Treman Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara, selasa (26/3/2024).

Bupati Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan, Pelaksanaan program ini sebagai upaya menunjang ketersediaan beras di Minut dan membantu para petani agar lebih mudah dalam proses pengolahan beras.

Bupati Joune Ganda menekankan pentingnya inovasi dalam memajukan sektor pertanian. RMU di Desa Treman diharapkan akan memberikan dampak positif dalam pengolahan hasil pertanian, khususnya beras. Bupati berharap bahwa RMU ini akan membuka peluang lebih besar bagi petani untuk memasarkan beras berkualitas tinggi.

Dengan adanya RMU, petani tidak perlu lagi melakukan proses pengolahan hasil panen padi secara mandiri, sehingga mereka dapat lebih fokus pada produksi padi. RMU juga akan membantu petani menghasilkan beras berkualitas tinggi, yang pada gilirannya dapat mengoptimalkan harga jualnya.

“RMU ini merupakan langkah progresif dalam memajukan pertanian kita, dan kami sangat berterima kasih atas inisiatif Kelompok Tani Sukamaju Desa Treman dalam mewujudkannya.”ucap Bupati Joune Ganda.

Sementara,Kepala dinas Pertanian Minut Ir. Wangke Karundeng menyampaikan, RMU ini menghasilkan beras kualitas Premium yang terdiri dari 3 unit, 1 di Desa Treman, 2 unit di Desa Kolongan dan 3 unit di Desa Winetin yang adalah sentra-sentra produksi padi.

“Peran penting RMU dalam proses pengolahan gabah menjadi beras. Proses ini mencakup pengeringan padi, penggilingan, penyortiran warna, hingga finishing untuk menghasilkan beras kualitas premium, ” ucap Wangke Karundeng.

Dikatakan Karundeng, RMU ini merupakan langkah inovatif sejalan dengan komitmen pemerintahan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung dalam mendukung program hilirisasi pertanian, yang bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing sektor pertanian di Minahasa Utara. RMU ini akan membantu petani menghasilkan beras berkualitas premium, yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Pada Kesempatan itu juga, Bupati Joune Ganda menyerahkan bantuan benih jagung kepada 671 kelompok tani dengan total luas 7.666 ha dan bantuan sebanyak 115 ton bibit jagung. Perlu diketahui Bibit ini dibagikan secara gratis kepada petani Minut.

Hadir bersama dalam kegiatan tersebut, Asisten II Minut Allan Mingkid, Kepala dinas PUPR Minut Alfons Tintingon dan Camat Kauditan Vilma Anthonie, S.H., M.H.

(IS/***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button