Minahasa Utara

Bupati Joune Ganda Serahkan 4 Kapal Puskeling Dan Siap Di Operasikan, Ini Yang Di Sampaikan

MINUT,NyiurPOST.COM – Pemerintah kabupaten Minahasa Utara (Minut) lewat Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune J,E. Ganda S.E., M.A.P., M.M.,, M.Si menyerahkan bantuan Empat Kapal Puskesmas Keliling Laut (Puskeling) dan siap dioperasikan untuk melayani terkait kesehatan khususnya masyarakat yang berada di wilayah pesisir dan Kepulauan kabupaten Minwahasa Utara, bertempat di pelabuhan Munte kecamatan Likupang Barat (Likbar) ,Jumat (7/7/2023).

Hadir dalam kegiatan penyerahan kapal tersebut Asisten I Umbase Mayuntu, Kepala Dinas Kesehatan Stella Safitri, Kepala Dinas Perhubungan Max Wurara, Kepala Inspektorat Stephen Tuwaidan, Kabag Protokoler Asriyadi Lalompoh, Camat Likbar Maykel Parengkuan, Camat Liktim Delby Wahiu, serta Camat Wori Endru Palandung.

Pada kesempatan itu Bupati Joune Ganda dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan Kapal Puskesmas Keliling Laut bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

“Keberadaan fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Ini juga adalah bukti nyata dari perhatian pemerintah khususnya kepada masyarakat yang berada di kepulauan dan pesisir, sehingga masyarakat yang berada di kepulauan dan pesisir tidak merasa bahwa mereka tidak diperhatikan,” ucap Bupati Joune Ganda.

Di tambahkan Bupati Joune Ganda bahwa bantuan ini akan dioperasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Minut, dan diserahkan tanggungjawabnya kepada puskesmas di wilayah kepulauan.

“Jadi, meski belum maximal namun fasilitas yang ada di kapal puskesling tersebut lengkap. Ada oksigen, alat infus, kotak P3K sudah lengkap juga didalam, serta berbagai fasilitas lainya, yang diharapkan mampu untuk dimanfaatkan dalam keadaan emergency bagi masyarakat kepulauan yang akan dirujuk ke rumah sakit yang ada di daratan,” tandas Bupati Joune Ganda

Bupati juga berpesan untuk pengelolaan kapal puskesling tersebut agar dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Yang terpenting juga bisa dirawat dengan baik, agar umur dari kapal ini bisa panjang. Biaya operasional kapal ini ditanggung Dinas Kesehatan Kabupaten Minut,” tukas Bupati Joune Ganda.

Terkait pengelolaan dan pemanfaatan kapal-kapal tersebut pihaknya akan membentuk tim khusus mulai dari pengemudi kapal, tenaga kesehatan bersama kebutuhan lainya.

(IS/***)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button