Agama

Dalam Rangka Menjalin Persaudaraan, Empat Ormas Muslim Minut Gelar Halal Bihalal

MINUT,NyiurPOST.COM – Pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Bersama Ketua BKMM-DMI Minut Hi Soeprapty Djumangin menggelar Halal Bihalal yang di pusatkan di desa Kolongan Kecamatan Kalawat kabupaten Minahasa Utara lebih tepatnya di halaman parkir Rm. Muslim Mutiara, Rabu (24/5/2023).

Hadir dalam halal bihalal tersebut, Majelis Wakil Cabang (MWC) S.E., Minahasa Utara, Anggota DPD RI Hj.Djafar Alkatiri, Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo,S.Ik., Ketua PCNU Minut Ir. H. Baidlowi Ibnu Hajar, Mewakili Bupati Minut Kaban Kesbangpol Sammy Rompis,A.P.,M.Si, Staf Ahli Bidang Pembangunan Toar Senduk,S.P., Anggota Dewan Minut Jafar Efendi Moha, Anggota Dewan Minut Sarhan Antili, Kabag Pembangunan Usman,S.Sos, Kapolsek Airmadidi Iptu Yusi Kristiana,S.E,. Kabag Kesra Dr.Youce Togas, Ketua Muslimat Provinsi Sulut HJ.Sarce Mokoginta, Ketua BKMM-DMI Minut Ibu.Soeprapti Djumangin S.Sos, dan Ketua KWI Minut Fitri Lawe, sebagian para imam mesjid d Minut.

Tema yang diambil pada halal bihalal tersebut “Memperkuat Ukhuah Islamiah Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika” dan menjadi pendakwah dalam halal bihalal tersebutyaitu KH. Barokah Zaenul Alam, S,Ud.

Dalam halal bihalal tersebut Bupati Joune J.E. Ganda S.E.,M.A.P.,M.M.,M.Si dalam sambutan yang di wakili Kepala Kesbangpol Minut Sammy Rompis mengatakan bahwa halal bihalal adalah wujud menjalin kekerabatan dimana manusia saling membutuhkan satu sama lain.

“Momen halal bihalal adalah salah satu ungkapan syukur manusia kepada Tuhan, di mana kita diingatkan Torang samua ini Basudara, maka saling mengasihilah satu sama lain,” ucap Sammy Rompis saat membawa sambutan mewakili Bupati dan Wakil Bupati.

Ketua PCNU Minahasa Utara Ir. H. Baidlowi Ibnu Hajar dalam sambutannya, menyampaikan puji syukur dihanturkan karena bisa melaksanakan halal bihalal, dan berterima kasih boleh para undangan yang hadir bersama tamu undangan yang lainnya.

“Kegiatan halal-bihalal ini merupakan satu bentuk maaf-memaafkan atau merajut persaudaraan antar umat manusia, karena kita semua ciptaan Tuhan khususnya kabupaten Minahasa Utara yang harus lebih maju dan hebat, sehingga NU berkaloborasi dengan PCNU Minut, IPHI Minut, BKMM-DMI Minut, dan KWI Minut,” terang H. Badlowi.

Tradisi halal bihalal juga tetap relevan dan rmaknanya dala rangka memperkuat jalinan silaturahim, nilai-nilai yang sangat dianjurkan untuk umat Islam.

“Silaturahim dengan tetap muka sangat dianjutkan sebagaimana hadits Nabi, saat dua orang bersalaman maka dosa keduanya akan terhapuskan. Dan menjadi kekuatan luar biasa, karena dengan saling bertemu langsung bisa meredakan ketegangan yang ada sekaligus mampu merekatkan ikatan persaudaraan di tengah masyarakat” ucap Senator Djafar Alkatiri dalam sambutannya

Tambahnya, Nilai-nilai positif ini pun menjadi keunggulan sekaligus keunikan yang tidak banyak dimiliki oleh bangsa lain. Maka dari itu momen halal bihalal merupakan kekuatan besar umat Islam dalam merekatkan hubungan antar sesama dan antar umat Islam, bahkan bisa dikatakan momen perdamaian yang rutin dilakukan setiap tahun usai Lebaran.

Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Utara dari Fraksi Partai Nasdem Jaffar Efendi Moha, mengatakan halal bihalal ini kita saling memaafkan ketika kita menjalankan ibadah puasa.

“Halal bihalal Merupakan momen untuk saling membaik-baikan dan saling maaf-memaafkan, Untuk itu, kami sponsor bagi seluruh ormas Muslim dan Non Muslim di Minahasa Utara mari bersama-sama bergabung dalam halal bihalal karena itu merupakan satu kebanggaan untuk kita dalam memajukan Minahasa Utara,”ungkap Fendi Moha pada awak media

Ditambahkan Ketua BKMM-DMI Kabupaten Minut Soeprapti Djumangin, S.Sos menyampaikan Dengan digabungnya empat organisasi Islam maunya kita semua bisa tergabung agar tidak ada perbedaan antara organisasi yang satu dengan yang lain.

“Agar masyarakat bisa bersatu, semua organisasi itu harus bersatu. Moment yang paling penting itu adalah halal bihalal karena itu ajang silahturahmi untuk seluruh umat muslim, saling memaafkan bila kita ada salah. Dan berharap semua organisasi muslim yang ada di minut itu, mari bergandeng tangan, bersatu untuk umat karena jika pemimpin-pemimpin bersatu Anggota-anggotanya ikut bersatu, Minal Aidin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin.”uja Soeprapti Djumangin yang merupakan Ketua BKMM-DMI Minut.

Halal bihalal tersebut bisa berjalan dengan penuh kekeluargaan dan tertib, dan terpantau semua yang hadir puas serta gembira boleh mengikuti kegiatan tersebut.

(IS/***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button