Pemerintahan

Dalam Rangka Penginputan Data RKPDes Ranperdes 2022, Pemkab Minut Adakan Bimtek Penggunaan Aplikasi Seskeudes

MINUT,NyiurPOST.COM – Dalam rangka menuju tata kelola keuangan desa yang bersih, transparan dan akuntable, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa utara (Minut) menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) penginputan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan rancangan peraturan desa (Perdes) Anggaran pendapatan belanja Desa (APBDes) tahun 2022 ke aplikasi sistem keuangan desa (Seskeudes), Di Hotel Sutanraja di Hotel Sutan raja Watutumou 2 kecamatan Kalawat, Senin (24/1/2022).

Bimtek ini langsung diarahkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) lainnya yang terdiri dari Inspektorat, Polres Minut, Kejaksaan negeri Minahasa utara dan Pemda kembali meneguhkan tekadnya untuk mengawal keuangan desa agar proses pembangunan desa lebih akuntabel sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Bupati Minahasa utara Joune J. E Ganda, SE saat membuka Kegiatan Bintek tersebut menekankan agar diakhir kegiatan, langsung menginput Perdes dalam anggaran dana desa supaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Harus ada output. output yang kita pelajari sekarang. Sehingga, Bimtek lebih bermanfaat. Jika ada masalah langsung diselesaikan saat itu juga,” ujar Bupati Joune Ganda.

Sementara itu, Kepala Dinsos-PMD Minut, Alpret Pusungulaa mengatakan, aplikasi Siskuedes ini bisa membantu desa mengatur keuangan, kegiatan perencanaan, penganggaran, penatausahan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan desa. Sebab aplikasi ini sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wabup Minut JGKWL serta aplikasi ini sangat membantu penggunaan keuangan desa.

“Saya berterima kasih kepada Bupati Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Minut Kevin Wiliam Lotulung SH MH yang telah mendukung dan menssuport kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” ucap Alpret Pusungulaa

Pengawalan keuangan dan pembangunan desa merupakan tugas yang harus diemban oleh seluruh APIP dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, Narasumber yang dihadirkan dalam Bimtek ini dari BPKP, kajari Minut Fanny Widyastuti SH MH, Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo, Kepala Inspektorat Umbase Mayuntu, S. Sos. Msi, Kepala Bapalitbang Didi Arnolus Wolajan dan Kabag Hukum Minut Dolly Kenap, SH.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button