Wisata

Dampingi Menparekraf Sandiaga Uno Kunker Ke DPSP Likupang, Bupati Joune Ganda : Kunjungan Pak Menteri Adalah Bentuk Dukungan Pemerintah Pusat Terhadap Pengembangan Pariwisata Di Minut

LIKUPANG,NyiurPOST.COM – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda Dampingi Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Daerah Pariwisata Super prioritas Likupang, Rabu (9/8/2023).

Sebagai bentuk kunjungan kerja dalam rangka mendukung percepatan pembangunan dan eksplorasi Likupang Kabupaten Minahasa Utara sebagai DPSP, Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengawali dengan lari pagi bersama Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., M.M.,M.Si., kemudian berdiskusi dengan Yayasan Indonesia Biru dan CIRAD, di Kawasan Pulisan Bay Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabar Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang akan mengimplementasikan konsep ecotourism atau pariwisata hijau dalam upaya menghadirkan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

Menparekraf Sandiaga usai berdiskusi dengan Yayasan Indonesia Biru dan CIRAD, menjelaskan langkah ini diambil sebagai tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Hiroshima pada pertemuan G7 beberapa waktu lalu.

Pembangunan di Likupang memang berbeda dengan empat DPSP lainnya. Hal ini dikarenakan pembangunan Likupang memang tidak difokuskan pada infrastruktur tetapi bagaimana aspek kelestarian lingkungan bisa dijaga dan dilestarikan dengan baik.

“Kalau Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur infrastrukturnya sudah terbangun dan sudah memiliki event-event MICE yang besar. Tapi kalau di sini kita akan fokuskan kepada ecotourism, yang menyatu dengan alam,” ucap Sandiaga Uno.

Menurut Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, bahwa pemerintah daerah menyambut baik inisiasi tersebut. Karena kawasan Likupang merupakan kawasan yang dilintasi oleh garis Wallace. Dengan demikian dirasa tepat untuk implementasi konsep regeneratif ecotourism.

Garis Wallace adalah garis yang membentang dari Laut Sulawesi hingga Gugusan Kepulauan Nusa Tenggara dan memisahkan jenis fauna antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

“Pada prinsipnya yang menyangkut wilayah di Minahasa Utara ini kami akan mendukung dan kami menunggu kira-kira apa saja yang perlu kami siapkan, apa saja yang perlu kami jaga untuk bisa mendorong pengembangan ecotourism,” ujar Bupati Joune Ganda.

Menteri Sandiaga Uno sangat terkesan dengan keindahan alam di Kabupaten Minahasa Utara. Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten Minahasa Utara memiliki potensi yang besar untuk menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan mancanegara.

“Saya sangat terkesan dengan keindahan alam di Kabupaten Minahasa Utara. Saya yakin Kabupaten Minahasa Utara memiliki potensi yang besar untuk menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan mancanegara,” kata Sandiaga Uno.

Bupati Joune Ganda mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Kabupaten Minahasa Utara. Ia berharap kunjungan Menteri Sandiaga Uno dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Kabupaten Minahasa Utara. Kami berharap kunjungan Menteri Sandiaga Uno dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara,” kata Bupati Joune Ganda.

Menteri Sandiaga Uno menikmati berlari diudara bersih disekitar pulisan, dan berenang sejauh 500 m.

Kunjungan Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Kabupaten Minahasa Utara merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara. Pemerintah pusat berharap Kabupaten Minahasa Utara dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan mancanegara.

(IS/***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button