Minahasa Utara

Desa Kaima Gelar HUT Ke-253, Masyarakat Sambut Antusias

KAIMA,NyiurPOST.COM – Desa Kaima menggelar perayaan HUT ke-253 sehingga Masyarakat sangat bersukacita merayakan pesta besar yang begitu dinanti setiap tahunnya, jumat (28/4/2023).

Terpantau media, masyarakat sangat antusias menghadiri acara HUT ini dengan sukacita dan gembira mereka membawa makanan, kue, buah-buahan untuk disantap kasih bersama.

Dalam perayaan ini, dilakukan Ritual Sumele kure acara adat Minahasa sebagai ucapan syukur kepada sang Khalik Opo Empung Walian Wangko atas berkat Tuhan dan perlindungan yang berkelimpahan. Adat ini yang menarik perhatian dari masyarakat. Begitu pula ritual sidang dewan adat dan berdoa di pasela–pasela.

Pada sambutan Bupati Minut melalui Asisten II Alan Mingkid mengatakan, budaya diangkat dalam perayaan Hut desa Kaima dengan tujuan untuk melestarikannya sebagai kearifan lokal dan pariwisata.

“Budaya adalah karakteristik kita. Dengan budaya kita akan memiliki disiplin dan prinsip hidup,” ucap Allan Mingkid.

Pada kesempatan itu juga Ketua DPRD Minut Denny Lolong Mengucapkan selamat ulang tahun untuk Desa Kaima ke-253.

“Kebersamaan antar masyarakat di Desa kaima mudah-mudahan akan terus aman dan damai, dan terus berkembang,” Sebut Delon sapaan akrabnya

Pejabat Hukum Tua Desa Kaima Jefry Rondonuwu menambahkan, manusia modern dapat berdampingan dengan budaya tanpa kehilangan iman kepada Tuhan. Dan salah satu ritual yang ditampilkan adalah Sumela Kure. “Ritual ini adalah simbol ucapan syukur masyarakat Minahasa zaman dahulu dan ini akan dilestarikan,” jelas Jefry Rondonuwu.

Sementara itu juga Ketua Panitia Hut Desa Kaima Wakil Ketua MPC Pemuda Pancasila Minut Brando Pangemanan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini. ”Saya berharap konsep budaya itu akan jadi momentum untuk memajukan SDM dan SDA Desa Kaima,” tutup Brando Pangemanan.

Pada akhir acara, panitia pelaksana mengumumkan pemenang lomba-lomba yang sebelumnya telah dilaksanakan saat menyambut HUT Desa Kaima yang ke 253 tahun.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Minut Joune J.E. Ganda, S.E,.M.A.P., MM., M.Si yang diwakili Asisten II Drs. Alan Mingkid, Ketua DPRD Minut Denny lolong, Ketua MPC Pemuda Pancasila Minut Joutje Dengah, Anggota DPRD Meydi RKumaseh, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button