Minahasa Utara

Dudy Fatah Bantah Bahwa Pelayanan DisDukcapil Minut Lambat

Dis MINUT,NyiurPOST.COM – Sempat heboh di media sosial dari akun media sosial FB (Facebook) Nia Dumais yang menyampaikan pengurusan KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) pada 21 Februari 2024.

Berdasarkan isu tersebut, media awak media datang langsung ke dinas Dukcapil Minut meminta tanggapan langsung masyarakat yang datang melakukan pengurusan administrasi kependudukan, Jumat (23/2/2024).

Saat bertemu dengan salah satu masyarakat yang datang mengurus administrasi KK (Kartu Keluarga) awak media mewawancarai dan meminta tanggapan dimengatakan bahwa memang dalam pengurusan diperlukan kesabaran.

“Saya datang dari tempat yang jauh dari desa Lantung kecamatan wori, saya justru mendapatkan pelayanan yang baik, dan dengan sabar saya menunggu, akhirnya pengurusan saya bisa selesai,” ungkap Ibu Ivana lohonauman.

Hal yang sama juga awak media mewawancarai Veronica Mondorigin yang sedang mengurus KTP, menurutnya mendapat pelayanan yang baik dan boleh selsai dalam waktu yang singkat.

“Saya mengurus KTP tidak ada hambatan, dan boleh selesai dengan baik,” ucap Veronika.

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan pencatatan Sipil Dudy Fatah, S.H., saat diklarifikasi, mengatakan, kami Disdukcapil Minut telah memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, apalagi baru-baru ini mendukung kesuksesan Pemilu 2024 agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

Ditegaskannya dalam menampik penyampaian blanko KTP habis, dia menyampaikan ditahun ini, blanko KTP tidak pernah habis. Bahkan, disiapkan sangat banyak karena persiapan dalam mengantisipasi antusias masyarakat dalam pemilu.

“Siapa yang mengatakan blanko habis? Blanko KTP justru telah dipersiapkan tahun ini sangat banyak. Pernyataan blangko habis, sama sekali tidak benar, ”tegas Dudy Fatah.

Menurut Kadis yang terkenal ramah ini , kalaupun ada warga yang beberapa kali bolak-balik, dipastikan persyaratan yang diminta, dimasukkan pasti tidak lengkap.

“Persyaratan pengurusan surat-surat sesuai jenis surat telah dipajang di depan Kantor disdukcapil Minut dan juga di Kantor-Kantor desa/kelurahan. ada baiknya sebelum datang ke kantor Disdukcapil, Periksa dahulu dengan baik, jika sudah lengkap, baru datang di kantor Disdukcapil agar tidak menyita waktu bolak-balik dan menghemat biaya transportasi,” tandas Dudy Fatah.

Dudy Fatah juga mengingatkan masyarakat yang akan melakukan pengurusan administrasi kependudukan, ada baiknya datang sendiri jangan kepada calo. Karena ada keterangan-keterangan yang di minta yang hanya di ketahui yang bersangkutan. “Kalau calo bisa menyampaikan keterangan yang salah, akhirnya ribet untuk membuat kembali bahkan ada yang harus melalui pengadilan, “ucap Dudy Fatah.

Lanjutnya, seandainya pun ada surat yang belum dilengkapi karena tidak ada, warga jangan dulu langsung pulang. Sampaikan kepada petugas untuk langsung membuatnya saat itu juga. “Jika ada masalah, laporkan dahulu. Jangan langsung pulang. Contoh, pengurusan KK membutuhkan akte kelahiran. Jika belum ada akte, langsung sampaikan kepada petugas untuk membuat akte agar petugas langsung memberikan formulir data yang akan diisi supaya langsung dibuatkan sekaligus pembuatan KK, ” kata Dudy Fatah.

Di tambahkan Kabid Yunita Enoch, warga yang memposting di fb tersebut pada tanggal 12 Februari 2024 memang datang mengurus surat. Tapi, hari itu, H-2 Pemilu 2024, masyarakat yang melakukan perekaman sangat padat sampai pada tanggal 13 Februari 2024 dan jaringan sempat eror sehingga ada yang hanya dapat diberikan biodata saja dan perlu diketahui mereka pun bekerja sampai jam 1 dinihari. “Kami masih manusia biasa, minta maaf kalau masih ada kekurangan. Namun, pelayanan disdukcapil Minut untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat telah kami optimalkan semampu kami. Hari itu, kami pulang jam setengah satu malam, sampai abis orang” Pungkas Yunita Enoch.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button