Daerah

HUT Ke-188, Desa Suwaan Gelar Pesta Rakyat

MINUT,NyiurPOST.COM – Masyarakat yang ada di Desa Suwaan menggelar pesta rakyat dalam rangka merayakan Hari ulang tahun (HUT) yang ke-188 tahun, berlangsung meriah, Kamis (23/3/2023).

Terpantau media, Acara yang diadakan di lapangan Desa Suwaan, pembawa acara Nyong dan Noni Sulut asal Desa Suwaan Felix Palenewen, dan Astrid Kumentas. Masyarakat begitu kompak mendirikan pondok-pondok yang terdiri dari setiap jaga, Gereja-gereja dan jemaah muslim berkolaborasi menghias pondok masing-masing dan menyediakan makanan yang ditata begitu manis. Menambah keanggunan, masyarakat yang hadir memakai pakaian bernuansa adat Tonsea serta dimeriahkan dengan konser musik pop dan tari kabasaran.

Dalam sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey tidak dapat dipungkiri awal tahun 2023 pencapaian dan keberhasilan yang sudah diraih oleh pemerintah dan masyarakat di desa Suwaan ini semua berkat kerjasama dan kerja nyata yang dilakukan secara bersama-sama.

“Kiranya dengan bertambahnya usia Desa Swan ke 188 ini menjadi momentum untuk refleksi dan evaluasi agar kedepan lebih memperkuat kinerja pemerintahan bersama dengan masyarakat dalam rangka mendukung berbagai program dan kebijakan strategis pembangunan yang ada di daerah di Kabupaten Minahasa Utara dan provinsi Sulawesi Utara, “ucap Gubernur Olly Dondokambey yang dalam sambutannya yang di wakili Karo Pemerintahan Pemprov Sulut Weldy Polii.

Sementara itu, Bupati Minahasa utara Joune Ganda mengatakan, saat ini Desa Suwaan sudah berulang tahun ke 188, sudah melewati Perjalanan panjang yang saya lihat kekompakan yang begitu luar biasa. Pertahankan apa yang sudah dijaga sekarang. Bahkan, Begitu banyak pejabat yang ternyata berasal dari Desa suwaan, apalagi yang menjadi kebanggaan Ketua DPRD Denny Lolong orang Suwaan. Oleh karena itu, saatnya Desa Suwaan mempertahankan kekompakan dan kemajuan desanya dan terus menjadi desa yang hebat, “tutur Bupati Joune Ganda.

Ketua DPRD Denny Lolong menyampaikan, di HUT 188 ditengah kehidupan keberagaman kita, kita masi bisa menjaga kesatuan dan persatuan dalam rangka membangun Desa Suwaan.

“Kami sangat bergembira sekali dan berterima kasih. Saya sangat bangga begitu banyak pejabat yang respon. Lewat kehadiran pemerintah provinsi Gubernur dan jajaran, pemerintah Kabupaten Minahasa utara Bupati dan jajaran, Kakanwil, Kabinda Sulut, Kakanwil Kemenkumham Sulut, Direktur utama bank Sulutgo, Anggota DPRD Provinsi dan Minut dan Camat Kalawat. Itu tandanya kami disupport pemerintah Provinsi Sulawesi utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa utara.

“Satu hati, satu pikiran, satu perkataan satu tindakan kiranya bukan hanya slogan tapi diimplementasikan ditengah kehidupan kita baik ditengah keluarga, jemaat dan masyarakat, ” ujar Denny Lolong

Dikatakan Delon sapaan akrab Ketua DPRD Minut ini, Di HUT ke 188 ini target masyarakat Desa Suwaan dalah membangun Desa sesuai program yang ada dan mendukung program-program pemerintah Kabupaten Minahasa utara.

Pada acara ini, masyarakat meminta hadiah ulang tahun secara tiba-tiba kepada Bupati Joune Ganda untuk menyumbangkan lagu. Bupati memilih lagu ” Rumah kita” dinyanyikan dan disambut meriah oleh masyarakat.

Hukum Tua Desa Suwaan Agustin Kodoati dalam ucapan terima kasih menyampaikan, Desa Suwaan yang dahulunya Desa tertinggal sekarang telah menjadi Desa mandiri. Banyak prestasi dan sudah memiliki banyak kemajuan.

“Dalam memperingati HUT ke 188 ini kami telah melakukan acara Baron kampung, berziarah kepada mantan hukum Tua yang telah meninggal, Mengunjungi air makolombuai dan perlombaan.

Kegiatan HUT Desa Suwaan ini di Hadiri Orang Nomor satu di Sulawesi utara Olly Dondokambey, SE dan jajaran (Sekda Provinsi Steve Kepel, Karo pemerintahan Weldy Polii) Kepala Badan Intelegen (Kabinda) Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan S.E, Kakanwil Kemenkumham Sulut Ronald Lumbuun, Bupati Minahasa utara Joune JE Ganda, SE. MAP. MM. MSi, Wakil Walikota Tomohon Weny Lumentut, Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor, Direktur umum Bank Sulutgo Joubert Dondokambey, Anggota DPRD Minut Vonny Rumimpunu, Jemmy Mekel, Jerry Umbo, Staf ahli Jouvita Supit, Staf khusus Deny Wowiling, Kadis Dinsos Arnolus Wolajan, Ketua BKSUA, Camat Kalawat Indri Ferlie Nassa, para Hukum Tua Se-kecamatan Kalawat dan para mantan hukum Tua Desa Suwaan.

Perlu di ketahui Gubernur Olly Dondokambey baru bisa bergabung pada acara tersebut setelah menyelesaikan undangan acaranya yang ada di tempat yang lain dan akhirnya bisa makan malam bersama masyarakat desa suwaan

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button