Pemerintahan

Jelang Peringati Hardiknas Ke-64, Disdik Minut Gelar Gebyar Pendidikan Tahun 2023

MINUT,NyiurPOST.COM – Jelang memperingati Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Minahasa utara (Minut) melalui Dinas pendidikan (Disdik) Minut menggelar Gebyar Pendidikan dengan bermacam-macam lomba untuk mengasah kemampuan siswa agar mampu bersaing di tingkat Nasional.

Gebyar Pendidikan dibuka Bupati Minahasa utara Joune J.E Ganda, S.E., M.A.P. M.M., M.Si.,melalui Asisten I Minut Umbase Mayuntu yang dibuka dengan olah raga jalan sehat. Lokasi Start di depan Alfamart jln. Soekarno dan finish di lapangan kantor bupati Minut, Jumat (31/3/2023).

Kegiatan ini diikuti 34 Pengawas Sekolah, 503 Kepala Sekolah, 1.542 Guru, dan 550 Peserta Didik jenjang TK, SD, SMP Se-Kabupaten Minahasa Utara serta 26 tamu undangan.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan, seperti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Sains Nasional (O2SN), Olahraga Tradisional (Benteng Tari Tanah, Ceklen) dan Pameran Pendidikan Provil Pelajar Pancasila.

Umbase Mayuntu mewakili Bupati dan Wakil Bupati pada pembukaan kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa dalam rangka merayakan hari pendidikan ke-64 pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar lomba-lomba yang tujuannya untuk mempererat persatuan dan kesatuan serta tapi silahturahmi serta tali persaudaraan antara pelajar, pendidik dan pemerhati pendidikan. Supaya kita bersatu padu meningkatkan pendidikan di kabupaten Minahasa Utara ini.

“Semoga lomba ini berjalan dengan baik dan laksanakan dengan sportif. Siap kalah dan siap menang,” ucap Umbase Mayuntu

Sementara, Kepala Dinas pendidikan Minut Drs. Aldrin Posumah menyampaikan, bahwa dalam merayakan Hardiknas ini dilaksanakan kegiatan kesenian dan olahraga untuk mempersiapkan kader-kader muda anak-anak kita untuk mengikuti olimpiade sains Olimpiade tingkat nasional dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Minahasa Utara.

“Ini juga dimaksudkan untuk mempererat silaturahmi dari semua elemen mulai dari guru tenaga pengajar dan tentunya orang tua yang utama menjadi penyangga pendidikan. Lomba ini akan berlangsung selama satu bulan jadi semua sekolah akan Kita gali potensinya untuk mempersiapkan mereka mengikuti Olimpiade bersaing di tingkat nasional,” ucap Aldrin Posumah.

Di ditambahkannya, bahwa ada rencana mendatangkan Prof. Yohanes Surya untuk belajar melakukan metode gampang asyik menyenangkan belajar matematika (Gasing) untuk melatih guru, setelah itu anak-anak. Setelah anak-anak kita buat rekor Muri. Nanti ribuan anak-anak yang bisa Mempelajari matematika dengan gampang asyik dan menyenangkan akan kita tampilkan nanti di JG center.

“Untuk Paud lomba mewarnai dan menggambar. Anak SD lomba bercerita dalam bahasa daerah, lomba belajar Pancasila dan lagu daerah, Sumipola Kemudian kolintang dan olahraga. Ada beberapa kegiatan, semuanya berhubungan dengan Olimpiade sains, Olimpiade olahraga dan seni tingkat nasional karena ini sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan. Jadi kita mencari anak-anak muda, adik-adik siswa kita latih dari sekarang untuk menjadi Harapan di masa depan, “jelas Aldrin Posumah saat di wawancarai awak media.

Dari keterangannya, panitia menyiapkan semua juri dari pengawas Kabupaten. Semua akan dinilai sejauh mana kemampuan mereka di dalam mengimplementasikan akan kurikulum yang baru, kurikulum Merdeka belajar yang saat ini sementara laksanakan.

“Nanti kelihatan kemampuan dari anak-anak kita yang telah diberikan oleh guru-guru. Seperti apa kualitas yang diterima oleh anak-anak. Jadi kita berupaya tahun ini menjadi ko tahun prestasi bagi Kabupaten Minahasa Utara. Supaya ke depan kita bisa bersaing di tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu kedepankan persatuan dan kesatuan, pendidikan tetap terjaga dan selalu kompak, “pungkas lelaki yang pernah menjadi Kaban BKD Minut ini.

Hadir bersama dalam kegiatan ini, Staf ahli /Asisten 3 Minut yang juga menjabat sebagai Plh BKPSDM Drs. Revino Dondokambey, Staf khusus Bupati Bernadeth Longdong, S.Pd, Kapolsek Airmadidi Iptu Yusi Kristina.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button