Minahasa Utara

Korem 131 Santiago Dan Kodim 1310 Bitung Adakan Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka HUT Infanteri Ke-73

MINUT,NyiurPOST.COM – Dalam rangka Hari Infantri ke-73 Korem 131/Santiago melalui Kodim 1310 Bitung gelar bhakti sosial Donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Minahasa utara (Minut) di terminal Airmadidi Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa utara, Senin (13/12/2021).

Dalam kegiatan kemanusiaan ini, berhasil didonorkan 26 kantong darah dari 43 pendonor. 17 pendonor tidak bisa mendonorkan darah karena tekanan darah rendah dan sebagian baru selesai mendonorkan darah.

Ketua PMI Minut Kristi Karla Arina melalui Melky Mewengkang menyampaikan, apresiasi bagi TNI yang paling banyak berkontribusi menyumbangkan darah untuk memenuhi kebutuhan darah setiap bulannya kepada PMI.

“Kami apresiasi dan sangat berterima kasih karena selama ini pihak TNI yang paling banyak mendonorkan darah. Kami PMI sangat terbantu sekali dengan kehadiran TNI,” ucap mewengkang didampingi dr Faisal Mangkang.

Dari keterangan Mewengkang, kebutuhan darah setiap bulan yang dibutuhkan untuk penanganan pasien berjumlah 500-600 kantong. Sementara yang hanya berhasil dikumpulkan melalui kegiatan-kegiatan donor darah oleh PMI hanya 100-250 kantong.

“Oleh karena itu, setiap ada pasien yang membutuhkan darah, kami selalu minta keluarga pasien untuk mencarikan darah pengganti agar persediaan darah di PMI selalu ada,” ucapnya.

Dijelaskannya, mendonor darah itu gratis tetapi setiap orang yang membutuhkan darah harus bayar? karena ada biaya yang dikeluarkan dalam pemropresan darah. Karena darah tidak langsung disalurkan bagi penerima, tetapi melalui beberapa tahapan.

“Yang dibayar bukan darahnya.Tapi biaya pengganti. Prosesnya uji kelayakan bebas dari penyakit HIV, Malaria dan Hepatitis. Kualitas darah pun menjadi prioritas penelitian. Harga kantong darah yang masih diimpor pun menjadi salah satu faktor melambungnya harga. Bahan pakai modis dan non medis, pemeriksaan Hb, uji saring penyakit, uji cocok serasi, penggantian alat, pemeliharaan, dan biaya penunjang lainnya,”jelasnya.

Pada kesempatan ini, Melky meminta agar para stakeholder untuk membantu melalui kegiatan-kegiatan donor darah karena PMI Minut terus berupaya mencari dan mengumpulkan darah demi memenuhi kebutuhan darah setiap harinya.

Hadir dalam kegiatan ini Mewakili Dandim 1310/Bitung Danramil 06/Airmadidi Mayor Inf Gusnawan, Danramil 1310-03/Likupang Kapten Inf Jhon Datangmanis, Danramil 1310-05/Kauditan Lettu Inf Abdul Razak, Pasi Persdim 1310/Bitung Letda Inf Refly Karwur, Danunit Inteldim 1310/Bitung Letda Inf Adri Malinti, Pasi Logdim 1310/Bitung Peltu Alxander Budiman, Plh Pasi Inteldim 1310/Bitung Pelda Adri Soeleman dan personil Kodim 1310 Bitung serta Para ibu-persit.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button