Nasional

LI-Tipikor Minut Soroti Proyek Jalan Kawangkoan-Kuwil Yang Meresahkan Masyarakat

MINUT,NyiurPOST.COM – Proyek jalan utama Desa Kawangkoan-Kuwil Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa utara (Minut) yang dikerjakan PUPR Provinsi Sulawesi utara tuai sorotan dan protes dari Lembaga Investigasi (LI) Tipikor Kabupaten Minahasa utara.

Pasalnya, proyek jalan tersebut telah membongkar jalan utama dan menutup total jalan yang merupakan akses masyarakat dari tiga Desa Kuwil, Kaleosan dan Sampiri untuk melakukan aktivitas di Minahasa utara. Sehingga masyarakat sangat kesulitan untuk ketempat kerja, sekolah, puskesmas dan aktivitas lainnya.

Ketua LI Tipikor Minut Rina Karundeng mengatakan, proyek jalan ini sudah sangat menghalangi aktifitas dan menyusahkan masyarakat. Jalan hancur total, bahkan sangat berlumpur sehingga banyak warga kecelakaan saat melewati jalan tersebut.

”Kami mohon perhatian serius dari pemerintah provinsi Sulawesi utara. Sekalipun untuk kepentingan masyarakat tapi harus bijaksana jangan menyusahkan masyarakat. Jalan tersebut pun rusak akibat alat-alat berat dan kendaraan proyek pembangunan waduk Kuwil Kawangkoan yang keluar masuk,”ucap Rina.

Ketua LI Tipikor juga mempertanyakan proyek jalan berbandrol 39 Milyar yang dikerjakan CV Gamma Creatio karena dilakukan di injuri time. “Katanya anggaran direfocusing untuk penanganan covid, kok tiba-tiba diinjury time ada pekerjaan. Seharusnya, pekerjaan seperti ini dilakukan di awal tahun,” tutur Rina Karundeng.

Sementara Sekertaris LI Tipikor Yan Wurangian yang juga warga Desa Kuwil sangat geram karena sudah banyak korban dan meresahkan warga. Dan analisanya, proyek tersebut tidak sesuai undang-undang jasa kontruksi.

“Kami sangat keberatan proyek yang menyusahkan masyarakat seperti ini. Sudah banyak korban. Kami masyarakat akan mengawasi Proyek jalan ini. Harus ditindak lanjuti untuk diperiksa,” ucap Om Yan.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button