Wisata

LTF 2024 Di Buka, Sekjen UCLG ASPAC Sebut Bupati Joune Ganda Bawa Minut Lebih Makin Dikenal Di Asia Pasific

LIKIPANG,NyiurPOST.COM – Di tahun 2024 ini Event Tahunan Likupang Tourism Festival (LTF) resmi dibuka dan di hadiri para delegasi Executive Buereau Meeting (EBM) UCLG ASPAC yang terdiri dari lebih dari 10 negara di Hotel Paradise Likupang Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Rabu (5/5/2024).

Ceremony LTF dibuka Bupati Minahasa Utara, Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si didampingi Wakil Bupati Kevin W. Lotulung S.H., M.H., bersama Mr. Dakila Karlo as President Of UCLG ASPAC, President Of Union of lokal Autoritas of the Philippines Governur of Quirino Propins Philippines dan Sekjen UCLG ASPAG Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi

Dalam sambutan yang disampaikan President UCLG ASPAC Dakila Karlo melalui Sekertaris jendral UCLG ASPAC Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan, apresiasi kepada Bupati Minahasa Utara Joune Ganda makin membawa Kabupaten Minahasa Utara makin mendunia.

“Kami apresiasi kepada Bupati Minahasa Utara Bapak Joune Ganda. Likupang luar biasa Minahasa Utara hebat. Event ini ada karena beliau. Dengan terobosan yang dilakukan Bupati Joune Ganda Minahasa Utara makin dikenal di Asia Pasifik,” ujar Bernadia Irawati.

Bernadia Irawati menyebutkan bahwa organisasi UCLG ASPAC yaitu asosiasi Pemkot dan Pemda atau United ini adalah perserikatan Pemda dan Pemkot sedunia di mana kita mempunyai members hampir di 144 negara dan Asia Pasifik yang terbesar.

“Organisasi kami ini bertujuan untuk saling mendukung bertukar pikiran, ide dan gagasan memperkuat kerjasama antar kota, berbagi pengetahuan, pengalaman, serta menjalin kemitraan yang kuat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di seluruh kawasan Asia Pasifik,”imbuh Bernadia Irawati.

Bupati Joune Ganda dalam sambutannya menyampaikan ada delegasi lebih dari 10 negara hadir dalam EBM UCLG ASPAC dan mereka sangat senang melihat keindahan Likupang yang ada di Kabupaten Minahasa Utara dan mereka mengatakan bahwa ditunjukan masyarakat di Minahasa utara baik-baik dan luar biasa.

“Sebagai Bupati di Kabupaten Minahasa Utara Saya juga merasa bangga karena kabupaten kita ditunjuk untuk menjadi Host totality atau tuan rumah yang tentunya akan mengangkat Kabupaten Minahasa Utara makin dikenal lagi di dunia internasional khususnya di kawasan Asia pasifik, seiring sejalan dengan program Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang ingin membawa Provinsi Sulawesi Utara menjadi pintu gerbang Asia Pasifik. Hal tersebut dimulai dari Kabupaten Minahasa Utara.

“Dengan kita menawarkan diri atau menjadi tuan rumah UCLG ASPAC, Saya mau menegaskan lagi bahwa semua delegasi yang hadir mereka pada saat datang waktu lihat laut, pantai dan pesona alam mereka merasakan suasana, mereka mengatakan bahwa ini betul-betul paradise (seperti di sorga),” ucap Bupati.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Bupati Joune Ganda menyampaikan terima kasih kepada kementerian yang terus mendukung Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terutama di Likupang untuk terus berkembang menjadi destinasi pariwisata super Prioritas yang luar biasa. Dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara juga akan terus berupaya bersama-sama dengan pemerintah provinsi untuk mengangkat Minahasa Utara ke dunia internasional. Sehingga akan banyak orang yang datang di Minut. Semoga delegasi yang datang dari Cina, Korea, Nepal, Filipina, Malaysia dan lainnya, merasa nyaman dan tentram untuk agar dapat memberikan impact yang baik untuk pengembangan sektor pariwisata dan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

Sebelumnya, Ketua Panitia LTF 2024 Joutje Dengah, S.E., saat membacakan laporan kegiatan, berharap LTF dapat memberikan dampak positif terhadap sosial ekonomi Kabupaten Minahasa Utara.

“Tujuan dari acara ini adalah mempromosikan pariwisata berlanjut dan ekonomi kreatif melalui berbagai kegiatan dan atraksi yang mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya Minahasa Utara yang meliputi lomba samper lomba, perahu ketinting, lomba kolintang, turnamen mancing likupang, lari di Likupang 11 km dan pameran usaha mikro kecil dan menengah, Tahun ini kami memperkenalkan fitur khusus yakni event dimana seluruh sampah yang dihasilkan selama festival akan dikelola dan diubah menjadi produk yang bernilai jual,” ucap Jouce Dengah.

“Dalam acara ini UCLG ASPAC memberikan penghargaan UCLG ASPAC Guangzhou project cultivating healthy and green school ” Growing minds sustaining eart” kepada 5 sekolah yakni SDN Tambak, SDN Maen, SD Inpres Sarongsong 1, SMP N 2 Airmadidi, SD Inpres Suwaan. “5 sekolah ini akan menjadi referensi kami di Asia Pasifik, “pungkas Bernadia Irawati.

Di ketahui pada penghujung acara, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara memberikan penghargaan kepada 3 SKPD pemenang yang memberikan inovasi terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat. Terbaik 1 dari Dinas PTSP yang berinovasi memberikan pelayanan kepada disabilitas dengan nama inovasi “Pedis Mar Sedap”, ini yang pertama di Sulawesi Utara. Juara 2 kepada RSUD Maria Walanda Maramis yakni pelayanan SIM RS nomor pendaftaran secara online agar masyarakat tidak lagi antri di loket dan juara 3 Pemerintah Kecamatan Kema dengan pelayanan langsung turun lapangan.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button