Sulut

Media Gathering bersama KPU Provinsi Sulut, Sosialisasi Terkait Pemuktahiran Data Pemilih

SULUT,NyiurPOST.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) mengadakan pertemuan Media Gathering terkait Persiapan Pemuktahiran Data Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, yang bertempat di Primadona Cafe pusat kota Manado (1/2/2023).

Kegiatan yang diikuti 118 awak media yang ada di Sulut ini di awali dengan pembukaan kegiatan yang di buka oleh Amrain Razak yang adalah ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU provinsi Sulut.

Pada kesempatan itu Lanny Ointoe Komisioner KPU Sulut menyampaikan, bahwa Tahapan Pemilu serentak 2024 akan memasuki tahap Pemuktahiran Data pemilih (Pantarlih) yang ” akan dimulai pada 12 februari mendatang dan akan dilaksanakan sampai tanggal 15 Maret 2023.

“Tahapan ini akan di lakukan oleh petugas yang telah di siapkan untuk pemuktahiran Data pemilih yang saat ini sementara di seleksi oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) Se-Sulut,” jelas Ointoe.

“Mulai tanggal 12 februari 2023 para Pantarlih akan mulai melakukan pencocokan dan penilitian terkait data pemilih pertama dan juga mereka akan bertugas untuk mencocokan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga calon pemilih yang akan disesuaikan dengan data pemilih lewat buku kerja para Pantarlih, mudah-mudahan pekerjaan para Pantarlih tidak akan terhambat, karena pastinya akan mempengaruhi hasil pemilu nanti,” ujar Lanny Ointoe.

“Paling utama dalam partisipasi pemilih dan keakuratan penjaringan data pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya. Kalau Pilkada lalu 2019 Sulut bisa jadi salah satu daerah dengan partisipasi pemilih tertinggi, maka kami berharap di Pemilu 2024 juga akan demikian,” ucap Lanny Ointoe.

Lanny juga menambahkan, bahwa dalam melakukan Pemuktahiran Data, tidak akan melibatkan para penyandang disabilitas. “Para penyandang disabilitas akan kami ajak dalam proses sosialisasi 2024 dan di jadikan relawan,” pungkas Lanny Ointoe pada para awak media yang mengikuti Gathering pada waktu itu.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button