Minahasa Utara

Optimalkan Layanan Edukasi Reproduksi Dan Gizi, Pemdes Watutumou Gelar Posyandu Remaja

WATUTUMOU,NyiurPOST.COM – Dalam rangka mengoptimalkan layanan edukasi kesehatan reproduksi hingga pemenuhan gizi kepada generasi muda guna mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak karena kekurangan nutrisi (stunting) di masa mendatang, maka dari itu Pemerintah Desa (Pemdes) Watutumou Kecamatan Kalawat kabupaten Minahasa Utara (Minut) kembali menggelar Posyandu remaja bertempat di kantor desa Watutumou, Sabtu, (30/9/2023).

Pada Posyandu kali ini selain di bagikan susu gratis sebagai nutrisi, para remaja di berikan makanan tambahan seperti Nasi, sayur dan daging yang tujuannya supaya para remaja tersebut bisa mendapatkan fisik yang sehat juga menjadikan mereka lebih cerdas.

Hukum Tua Desa Watutumou Ir. Sylvana Paskania Rotinsulu M.Si sangat memperhatikan kesehatan masyarakatnya terlebih khusus para remaja yang ada di desa demi mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

“Kesehatan para remaja sangat perlu dijaga dan perlu di berikan tuntunan dan arahan, apalagi bagi Para remaja wanita adalah calon ibu masa depan. Jadi memberi mereka edukasi dini terkait masalah stunting, juga bisa memberi kontribusi bagi pencegahan stunting bayi di masa depan. Konsepnya sederhana, segala hal tentang kesehatan bayi itu berkaitan dengan kesehatan ibu dan para remaja ini adalah ibu-ibu masa depan,” ucap Sylvana Rotinsulu.

Sylvana juga menambahkan, Posyandu Remaja memberikan perhatian khusus kepada remaja perempuan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti berat badan, kualitas gizi, hingga kondisi darah, Jika dalam pemeriksaan ditemukan ada remaja yang mengalami kekurangan darah atau anemia, maka petugas kesehatan akan memberikan pil penambah darah secara gratis.

“Pil penambah darah penting agar kondisi calon ibu tetap bugar dan tidak kekurangan darah,” jelas Sylvana Rotinsulu.

Tujuan posyandu remaja ini adalah untuk memeriksa penyakit khususnya pada remaja, seperti gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran, pemeriksaan narkoba, kesehatan reproduksi, pemeriksaan anemia dan layanan lainnya.

Diketahui, selain itu para remaja tersebut diperiksa kesehatannya, seperti pengukuran berat badan, tekanan darah dan lainnya.

Pelayanan kesehatan di lakukan oleh bidan desa dan petugas kesehatan dari puskesmas kolongan kecamatan Kalawat, kegiatan ini boleh terlaksana berkat Dana Desa (DD) Tahap II Tahun Anggaran (TA) 2023 dan dihadiri oleh perangkat desa yang lainnya.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button