Minahasa Utara

Pemdes Tumaluntung Resmikan Karamba Jaring Apung Serta Serahkan Bantuan Pakan Untuk Masyarakat

TUMALUNTUNG,NyiurPOST.COM – Dalam rangka mewujudkan peningkatan ketahanan pangan bagi masyarakat, Pemerintah Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dalam pimpinan Hukum Tua Richard Kamagi meresmikan Karamba Jaring apung sekaligus penyaluran bantuan pakan kepada Kelompok Perikanan dan bantuan beras bagi masyarakat kurang mampu di Desa Treman Jaga 3, Selasa (26/3/2024).

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang diwakili Asisten II Minut Alan Mingkid, Kepala dinas perikanan Jack Paruntu, Kepala dinas Perdagangan Maximilian Tapada, Camat Kauditan Vilma Anthonie, Perangkat desa Tumaluntung, penyuluh perikanan, kelompok perikanan dan masyarakat.

Dalam Sambutan Bupati, Asisten II Allan Mingkid menyampaikan, memberikan apresiasi untuk Desa Tumaluntung yang memanfaatkan dana desa untuk ekonomi produktif dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Ini untuk pertama kali di Minut, menggunakan alat teknologi yang mendukung percepatan perkembangan ikan dengan menghemat biaya dan waktu. Karamba jaring apung ini, saat panen, tidak perlu lagi membuka telaga (kolam ikan) tetapi tinggal angkat jaring saja. Didalam kolam, ada alat penghasil oksigen sehingga ikan tidak perlu lagi berenang keatas permukaan air untuk mencari oksigen, sehingga ikan tidak banyak bergerak, berat ikan cepat bertambah bahkan waktu panen pun lebih cepat. Program seperti ini, Jangan stop sampai disini. Tetapi terus berlanjut dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, “sebut Allan Mingkid.

Allan Mingkid juga menyampaikan, agar desa lain mencontohi program pemerintah Desa Tumaluntung dalam upaya peningkatan ketahanan pangan. “Hal ini bisa menjadi contoh bagi desa yang lain. Kami berharap Desa yang lain juga untuk memprioritaskan ketahanan pangan, karena dalam dana desa, ada menu yang diperuntukkan untuk itu,” ucap Allan Mingkid.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan Jack Paruntu menyampaikan, untuk alat teknologi didampingi langsung dari dinas perikanan Minut untuk lebih mudah dan efesien dalam produksi ikan. “Kami dari dinas perikanan Minut terus memberikan pendampingan dari penyuluh bagi seluruh kelompok perikanan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, ” tandas Jack Paruntu.

Sementara Hukum Tua Desa Tumaluntung Richard Kamagi menyampaikan, bantuan yang dilaksanakan saat ini adalah merupakan bantuan yang sudah kedua kali dilakukan. Bantuan untuk kelompok perikanan ini berupa pakan bersumber dari anggaran dana desa Tumaluntung tahun 2024 tahap 1 untuk mendukung kelompok-kelompok perikanan.

”DesaTumaluntung merupakan desa yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perikanan yaitu Desa Perikanan Pintar dan sudah menjadi peringkat kedua nasional dalam program budidaya ikan air tawar di Indonesia, “ucap Kamagi.

“Keramba jaring apung ini, sistem oksigennya dirakit sendiri oleh kelompok perikanan yang ada, yang dinamai safety water. Oksigen yang ditanam di bawah tanah yang diletakkan di Telaga. Jadi, ada jaring apung yang akan di taruh bibit ikan nila agar supaya pengembangbiakan atau pertumbuhan ikan nila lebih cepat,”ujarnya.

Dikatakannya, bantuan pakan ikan ini, merupakan arahan dari Bupati Joune Ganda, untuk tetap mendukung kelompok-kelompok perikanan yang ada di Desa Tumaluntung dalam memajukan ketahanan pangan nasional.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Desa Tumaluntung menyalurkan beras untuk masyarakat kurang mampu, program dari pemerintah pusat untuk bantuan pangan bagi masyarakat.

(IS/***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button