Minahasa Utara

Pemdes Watutumou Gelar Pelatihan Administrasi PKK Guna Tingkatkan Pengetahuan

WATUTUMOU,NyiurPOST.COM – Pengurus Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Desa Watutumou Kecamatan Kalawat kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar pelatihan administrasi PKK bagi seluruh anggota pengurus PKK desa Watutumou yang dipusatkan di Balai desa Watutumou, Selasa (11/7/2023).

Ketua TP PKK Desa Watutumou Vella Rantung S.E., dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi anggota PKK dalam hal pelaksanaan tertib administrasi.

“Kegiatan ini diikuti sebagian anggota PKK Desa Watutumou yang dilaksanakan dengan harapan para anggota memahami betapa pentingnya tertib administrasi dalam pelaksanan berbagai program kegiatan,” sebut Vella Rantung.

Ketua TP-PKK Kecamatan Kalawat Drs Fentje Warouw sebagai Narasumber menyampaikan, bahwa tujuan di adakan pelatihan administrasi ini, agar kedepan dalam mengelola administrasi  dengan baik, supaya dalam pengelolaan admistrasi di PKK khususnya di desa Watutumou jadi lebih baik dan tertib.

“Pelatihan administrasi untuk PKK ini sangat penting, agar supaya dalam pengelolaan admistrasi lebih tertib khususnya dalam organisasi PKK di desa Watutumou, Saya berharap dengan mengikuti pelatihan administrasi ini, semua anggota PKK dapat menjalankan organisasi dengan benar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan khususnya dalam menciptakan tata administrasi yang baik dan tertib” jelas Fentje Warouw yang sekaligus membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Pada kesempatan itu juga Kepala Dinas (Kddis) Pemberdayaan kelembagaan desa/ masyarakat Fredrik F. Tulengkey, S.H, sebagai narasumber juga mengatakan bahwa kemampuan sumber daya manusia (SDM) sangat penting dan berpengaruh terhadap suksesnya organisasi dalam mencapai tujuan sehingga ia menilai kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan.

“Semoga dengan di adakanya pelatihan ini di harapkan para Tim Penggerak PKK kususnya di Desa Watutumou,  agar semua kegiatan dapat di tuangkan secara administrasi yang baik,” tukas Kadis Fredriek.

Hukum Tuua dessa Watutumou Ir. Sylvana Paskania Rotinsulu, M.Si., menyampaikan bahwa Pemerintah Desa mendukung setiap program yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK dalam rangka melakukan pembinaan kepada masyarakat agar hidup lebih sejahtera.

“Kami pemerintah desa Watutumou sangat mendukung setiap program yang dilaksanakan TP-PKK desa Watutumou apalagi ada pelatihan Administrasi seperti ini dan ini sangat penting demi kemajuan masyarakat desa Watutumou agar hidup lebih sejahtera ke depan,” tandas Hukum Tua Sylvana Rotinsulu.

Adapun yang dalam pelatihan ini, para peserta PKK harus wajib menyiapkan Buku-Buku, seperti : Buku daftar anggota PKK dan kader PKK, Buku Agenda surat masuk/keluar, Buku keuangan, Buku Notulen, Buku Inventaris, Buku kegiatan. Berikutnya untuk setiap dasawisma harus menyediakan Buku-buku untuk pencatatan seperti: Buku data warga, Buku data keluarga, Buku catatan keluarga, Buku Rekapitulasi data dan kegiatan kelompok dasawisma warga serta Buku rekapitulasi data ibu hamil, melahirkan dan nifas.

Pelatihan ini menghadirkan Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Desa/ Kemasyarakatan Dr. Imelda Kambey M.Kes., sebagai moderator pada kegiatan pelatihan tersebut diketahui kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan Dana Desa (DD) Tahun 2023, Hadir juga mendampingi Hukum Tua para perangkat desa Watutumou yang lainnya.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button