Daerah

Pemdes Watutumou III Salurkan BLT-DD TA 2022, Ini Pesan Intan Wenas

MINUT,NyiurPOST.COM – Pemerintah Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2022 untuk 3 bulan yaitu Bulan Januari – Maret kepada 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Kantor Desa Watutumou III, Kamis (31/3/2022).

Hukum tua Desa Watutumou III Intan Rona Wenas menyampaikan Bantuan pemerintah pusat untuk penanganan ekonomi masyarakat dimasa pandemi covid-19 ini diberikan Rp 300.000 setiap bulannya per KPM. Dan pada tahun 2022, penyaluran BLT dilakukan setiap 3 bulan sekali.

“Pada tahun 2022, pencairan BLT dilakukan 3 bulan sekali, nanti cair lagi pada bulan Juni 2022. Jadi, hari ini adalah hari terakhir saya sebagai Hukum tua untuk menyalurkan BLT karena penyaluran berikut sudah akan disalurkan Hukum tua yang baru,” ucap Wenas.

Dari keterangan Intan Wenas, penerima BLT yang penerima bantuan lain tidak bisa menerima BLT. Harus undur. Sebab, BLT untuk mengcover keluarga miskin yang tidak tercover bantuan sosial lain dari pemerintah.

Semoga bantuan ini dipergunakan dengan baik sehingga dapat bermanfaat ,” tuturnya sambil meminta warga untuk terus mendukung program pemerintah desa Watutumou III khususnya kerja bakti yang dilakukan setiap minggu sekali.

Dalam kesempatan itu, Intan Rona Wenas menjelaskan terkait mekanisme penggunaan dana desa.

“Dana desa mempunyai aturan yang diatur kementrian keuangan. Semua penggunaan sesuai aturan. Dana desa tiap desa berbeda, ditentukan hasil SDGes disesuaikan keadaan kondisi desa. Penggunaan dana desa sesuai ketentuan Kemenkeu, untuk BLT 40%, Kebutuhan Desa 30%, Penanganan covid-19 8%, Ketahanan pangan 20%, diberikan untuk kelompok tani dan peternak. Desa Watutumou III ada 8 kelompok tani.

“Kita sebentar lagi akan masuk masa endemi bukan lagi pandemi, masyarakat diajarkan hidup mandiri melalui penguatan pangan. masyarakat akan diberikan bantuan bibit, pupuk dan alat pertanian. Warga yang ingin bergabung dengan kelompok tani, hubungi kepala jaga masing-masing,”tuturnya.

Intan juga menginformasikan kepada masyarakat bahwa Desa Watutumou III telah memiliki desa digital dengan pemasangan wifi dan CCTV 6 titik.

Di akhir sambutannya, Intan mengingatkan masyarakat untuk menjaga keamanan pada pemilihan hukum tua yang akan segera dilaksanakan.

“Pada Pemilihan Hukum Tua nanti Tolong jaga keamanan. Bedakan pemilihan Kumtua dengan Legislator. Pemilihan Legislator ruang lingkup besar tapi pemilihan hukum tua ada dalam satu desa, setiap hari kita saling bertemu. Jangan baku-baku salah (jangan saling buat kesalahan). Apalagi sensitif terjadi tim sukses dengan pemilih, kadang hukum tua mulai jadi sampai habis periode, tim sukses dan masyarakat masi baku feyem (tidak memaafkan),” ujarnya.

Tak lupa Intan memohon maaf kepada masyarakat jika sepanjang kepemimpinan ada kesalahan dan meminta warga untuk menghormati siapapun yang akan menjadi Plt Hukum tua nanti.

“Hormati Plt Hukum Tua nanti karena pemerintah adalah wakil Tuhan didunia. Terima kasih banyak, saling baku-baku bae (mengasihi), baku-baku bantu (saling membantu) dan saling menghormati. Mari jaga hubungan kekeluargaan dengan baik,” pungkas Intan dengan senyuman manisnya.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button