Sport

Pemkab Minut Dan Ipsi Gelar Open Tournament Pencak Silat 2023 Piala Bupati Cup

MINUT,NyiurPOST.COM – Open Tournament Pencak Silat Bupati Minahasa Utara (Minut) Cup akhirnya di gelar, bertempat di pendopo kantor bupati Minut, Rabu (26/4/2023).

Kegiatan ini dibuka Bupati Minut, Joune J.E. Ganda S.E, M.A.P., M.M., M.Si., yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Richard Toar Sendow yang didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Minut Audy Sambul dan Skretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Yohan Wewengkang.

Toar Sendow dalam sambutan mewakili Bupati menyebutkan, pencak silat merupakan warisan budaya bangsa yang harus dipelihara, untuk itu, pelaksanaan Open Turnament ini perlu diapresiasi karena bertujuan untuk pencarian bakat pesilat Minut.

“Saya berharap para peserta open tournament Pencak Silat ini mengikuti pertandingan secara maksimal dang menjunjung tinggi sportifitas agar bisa menjadi juara dengan baik,” ujar Mantan Kadis Perindustrian Minut ini.

“Kiranya kegiatan ini bisa dijadikan agenda tahunan, untuk mempersiapkan atlet pencak silat yang benar-benar siap terjun ke level nasional bahkan international,” sebut Toar Sendow sesuai harapan Bupati Joune Ganda.

Ditempat yang sama, Ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Sulut Herry Tongkukut, mengatakan bahwa open tornament ini dimaksud untuk membangun kecintaan generasi muda dan warga terhadap tradisi bangsa sembari mengairahkan olahraga pencak silat di Minut.

“Dalam sejarah, pejuang bambu runcing adalah juga para pendekar pendekar silat yang ikut melawan penjajah, olehnya olahraga ini perlu dilestarikan terus,” tandas Herry Tongkukut.

Pada kesempatan itu Ketua Pertandingan Nofry Lapaisang menjelaskan, open tornament ini mempertandingkan dua kategori yakni tanding dan jurus tunggal baku putra-putri senior.

“Untuk kelas pertandingan dibagi dalam 38 kelas. Sedangkan peserta berasal dari 13 perguruan dengan 95 atlet silat putra dan 58 atlet silat putri,” pungkas Nofry Lapasiang.

Diketahui, Open Tournament Pencak Silat ini diikuti oleh para pencak silat yang ada di hampir semua perguruan yang ada di Sulawesi Utara (Sulut).

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button