TNI/Polri

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Minut Kolaborasi Dengan Korem 131/Santiago Gelar Penyuluhan Dan Pelatihan Pertanian Kepada Babinsa

KollMINUT,NyiurPOST.COM – Personel Babinsa TNI Angkatan Darat (AD) jajaran Korem 131/ Santiago mendapatkan tugas untuk menyiapkan kesiapan ketahanan pangan, Mereka dikerahkan membantu sosialisasi bidang pertanian kepada kelompok tani. Hal tersebut dilakukan untuk membantu mewujudkan ketahanan pangan nanti.

Maka lewat kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Minut berkolaborasi dengan Korem 131/ Santiago menggelar Penyuluhan dan Pelatihan Pertanian kepada Babinsa oleh Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2024, bertempat di JG Center Jln Soekarno Matugkas Kabupaten Minahasa Utara (Minut), (11/6/2024).

Komandan Korem (Danrem ) Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip., S.H., M.H., membuka penyuluhan dan pelatihan Pertanian Kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Korem 131 Santiago dalam rangka Ketahanan Pangan.

Danrem Brigjen TNI Martin Turnip menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan dan pertanian dilakukan karena jajaran Korem 131/Santiago akan melaksanakan program Ketahanan pangan penanaman jagung di wilayah Kodim 1310 Bitung berlokasi di Minahasa Utara seluas 70 hektar dan Kodim Bolaang mongondow raya ada 30an hektar.

“Program ini adalah wujud komitmen TNI Angkatan Darat mendukung dan mensukseskan program pemerintah pusat untuk ketahanan pangan. bukan baru kali ini tetapi kami sudah melaksanakan beberapa kali. Dan saat ini kita akan melakukan penanaman jagung di Minut dan di Bolaang Mongondow raya, “ ujar Danrem didampingi yang saat itu Dandim 1310/ Bitung Letkol Czi Hanif Tupen, S.T., M.IP.

Danrem mengatakan, program ini adalah program unggulan Kasad memanfaatkan lahan tidur untuk ketahanan pangan yang bertujuan untuk pembangunan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Setiap komando kewilayahan diperintahkan untuk melaksanakan program ketahanan pangan.

“Harapan kami kita ini menjadi roll model kepada masyarakat sekitarnya. Untuk Pelatihan ini dapat kita terapkan di wilayah kita masing-masing. Libatkan kelompok tani, ajak keluarga dan masyarakat kolaborasi bersama mereka agar bisa membantu ekonomi dan kesejahteraan rakyat, Saya minta anggota semua, Kolaborasi dengan masyarakat, Keluarga teman kita berikan upah, Kerja sama yang baik. Supaya bisa menjadi model bagi Kodam XIII/Merdeka, Mari sama-sama kita membangun di wilayah masing-masing untung kesejahteraan rakyat, ”imbau Brigjen Martin Tunip.

Sementara, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang di wakili Sekertaris D (Sekda) Ir. Novly Wowiling, M.Si menyampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa Utara sangat memberikan apresiasi kepada Korem 131/Santiago karena program ketahanan pangan ini adalah program prioritas nasional karena berkaitan dengan inflasi.

“Pengendalian inflasi itu bagaimana upaya pengendalian terhadap harga secara khusus sehingga akses daya beli masyarakat itu bisa terjangkau. Kedua, melalui program ini kolaborasi TNI dan pemerintah dapat menghasilkan output bagi masyarakat berupa, ketersediaan pangan dan kolaborasi ini melibatkan masyarakat, sehingga peruntukan ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam bentuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dari usaha tani, “sebut Novly Wowiling.

Turut hadir pada Kegiatan ini Kadis Pertanian Minut Ir. Wangke Karundeng  serta diikuti oleh para Babinsa yang ada dalam lingkup Korem 131/Santiago, tidak lupa Danrem mengucapkan Terima kasih kepada pemerintah kabupaten Minahasa Utara yang aktif terus mendukung Korem 131/Santiago dalam upaya ketahanan pangan di Tahun 2024 ini

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button