Minahasa Utara

Polres Minut Gelar Apel Mantap Brata Serta Penanda Tanganan Pakta Integritas

MINUT,NyiurPOST.COM – Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar Apel Mantap Brata untuk pengamanan Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 dan penandatanganan Pakta integritas bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Forkopimda, KPU, Bawaslu, partai politik dan Masyarakat di lapangan Mapolres Minut, Selasa (17/10/2023).

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si., dalam arahan menyampaikan, Kepada seluruh pasukan pengaman, baik TNI, Polri Instansi terkait serta seluruh stakeholder untuk memperhatikan titik-titik kerawanan yang sudah dipetakan.

“Poin-poin yang menjadi perhatian kita, kiranya diantisipasi, hendaknya terus dipantau dan menjadi bahan diskusi terus agar kita mampu melakukan langkah-langkah mitigasi dalam kita mengamankan pemilu tahun 2024,” ucap Bupati Joune Ganda.

Lanjutnya usai penandatanganan Pakta integritas, Bupati Joune Ganda mengatakan, yang menjadi poin penting dalam deklarasi damai ini,semua yang sudah bertanda tangan, semuanya sudah berkomitmen disaksikan oleh semua orang termasuk masyarakat agar masyarakat juga tahu bahwa semua mulai dari penyelenggara Pemilu, aparat keamanan, dan partai-partai peserta pemilu semua berkomitmen untuk melaksanakan Pemilu yang damai.

Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, S.IK., S.H.,M.H., menyampaikan, kita semuanya berkumpul dengan seluruh Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Utara, ketua-ketua partai, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dalam rangkaian kegiatan pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman tentram dan sejahtera untuk mewujudkan Indonesia yang maju.

Pelaksanaan ini didahului dengan kegiatan gelar pasukan operasi Mantap Brata dan juga sekaligus oleh Bapak Bupati selaku Pemerintah Daerah yang ada di Minahasa Utara untuk sama-sama bersepakat mendeklarasikan bahwa kedamaian dan kesejahteraan itu merupakan tujuan kita bersama dengan tanda tangan yang saat ini terpampang di tempat ini di lapangan Polres Minut.

“Kiranya ini menjadi momen yang baik di dalam langkah kita mengantisipasi perbedaan-perbedaan pendapat. semua boleh berbeda pilihan, namun semua ingat bahwa kita adalah saudara di tanah Minahasa Utara. Kita semuanya bersatu hati dalam Kasih dimana kita adalah anak-anak Tuhan dan anak Tuhan harus menjadi terang dan terang itu bercahaya salam kasih presisi, “pungkas Kapolres Dandung.

Sementara, Danlanudal Manado Letkol Laut (P) Tatang Yanuar Ristanto sangat menyambut baik inisiasi Polres dan pemkab Minut dalam Deklarasi Pemilu damai ini. Ini memberikan jaminan dari pemkab dan TNI Polri serta partai peserta pemilu untuk pemilu yang aman dan damai di Minahasa Utara. “Untuk TNI kami akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemda dan Polri untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai, lancar dan sukses. Khusus Lanudal menyiapkan 47 personil untuk pengamanan pemilu 2024, ” tutur Ristanto.

Ditambahkan Ketua DPRD Minut Denny Kamlon Lolong, S.Sos.,, awal yang baik bagi kita di Kabupaten Minahasa Utara yang dipercayai oleh polres Minut boleh mengumpulkan kita untuk berkomitmen menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Apresiasi untuk Polres Minut, selain kegiatan apel pasukan dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu, hadir juga teman-teman para peserta pemilu sehingga kita boleh berkomitmen agar terus menjaga stabilitas keamanan menciptakan Pemilu damai di tahun 2024. Supaya boleh lahir pemimpin-pemimpin para wakil rakyat maupun presiden yang terbaik yang akan dipilih oleh rakyat Indonesia, ” ujar Denny. Lolong.

Usai melaksanakan apel Mantap brata dan deklarasi damai, polres Minut melaksanakan atraksi simulasi penanganan pengaman pemilu.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi Juply Pansariang, S.H.,M.H., Kejari Minut Yohanes Priyadi, S.H., M.H., Pabung Kodim 1310 Bitung Mayor Inf Musthafa Umbo, Ketua KPU Hendra Lumanauw, Ketua Bawaslu Minut Rocky Ambar, Komisioner KPU Irene Buyung, para Kepala SKPD Minut, para camat, tokoh agama dan masyarakat yang di undang.

(IS)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button