Minahasa Utara

Pulau Napomanuk Di Rencanakan Jadi Zona Pariwisata Tambat Labuh

LIKUPANG, NyiurPOST.COM -Pengembangan sektor wisata yang sangat di andalkan oleh Bupati Minahasa Utara Joune JG Ganda SE terlebih khusus untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, menjadi Daerah Super Prioritas langsung di respon hukum tua Serawet Herry Tangkukut yang telah mencanangkan pulau Napomanuk yang menjadi bagian desa Serawet kec Likupang timur kabupaten Minahasa Utara menjadi zona sub wisata.

Dinas kelautan dan perikanan Provinsi Sulut mengadakan acara konsultasi publik peta zonasi kawasan konservasi daerah taman wisata perairan Minahasa utara tahun 2021 yang digelar di Kantor Camat Likupang timur. Kamis (15/4/2021).

Dari rapat bersama tersebut salah satunya usulan yang disampaikan Hukum Tua Serawet Herry Tangkukut agar pulau Napomanuk Desa Serawet dapat menjadi sub zona pariwisata.

Usulan tersebut langsung direspon baik oleh kepala seksi konservasi dan perlindungan jenis ikan dinas KP Ronal. “Bagian selatan pulau diusulkan menjadi zona tambat labuh sejauh 90 meter dari garis batas pulau kearah laut, “ucap Ronal

Atas nama Kepala dinas kelautan dan perikanan, Ronal meminta masyarakat untuk menjaga kawasan konservasi tersebut, karena daerah itu penuh terumbuh karang tempat perkembangbiakan ikan.

Pulau Napomanuk Itu zona pariwisata,tidak boleh ada kegiatan lain selain wisata. Masyarakat harus jaga karang sebagai objek wisata. Jangan lagi ada bom atau racun yang merusak. Nelayan tidak boleh menangkap ikan di daerah tesebut. Mari sama-sama kita awasi,” tuturnya.

Ditambahkannya, bahwa hasil dari rapat ini akan di isi dalam berita acara, dan akan di sampaikan ke pemerintah kabupaten Minahasa Utara, karena akan di sinkronkan dengan kebijakan pemerintah kabupaten bersama pemerintah provinsi dan akan diteruskan ke kementrian untuk di tetapkan menjadi SK Menteri.

Dalam pencanangan tersebut Hukum Tua Serawet Herry Tangkukut menandatangani berita acara Konsultasi publik peta zonasi kawasan konservasi daerah taman wisata perairan Minahasa utara tahun 2021.

Camat Likupang Timur Debi Wahiu menyampaikan sangat merespon baik atas perhatian pemerintah provinsi Sulawesi utara terlebih khusus untuk Likupang timur.

“Mari teman-teman hukum tua yang ada di kecamatan Likupang timur agar seriusi rencana program ini” pintanya.

(IS)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button