Nasional

Raih peringkat ke 3 Nasional E-Purchasing Award 2023, Kabupaten Minut Koleksi Penghargaan Lagi

JAKARTA,NyiurPOST.COM – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) meraih peringkat ke 3 Nasional E- Purchasing award 2023 pada klaster pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia.

Penghargaan atas prestasi tersebut di anugerahkan dalam kegiatan Acara Temu Bisnis Tahap VI dan Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) secara virtual di JIExpo Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Temu Bisnis Tahap VI yang terintegrasi dengan ICEF 2023 merupakan rangkaian acara yang diadakan pada 3–5 Agustus 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran dengan Tema “Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri, Wujudkan Kemandirian Bangsa”.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama Kementerian Keuangan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia ini mempertemukan seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara dengan para pelaku usaha dan industri dalam negeri dalam rangka meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri. Sehingga dengan dengan meningkatnya penggunaan PDN di lingkungan Kementerian/Lembaga Negara, ekonomi Indonesia diharapkan dapat semakin meningkat lagi.

Acara Temu Bisnis Tahap VI ini dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly, Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang mewakili Bapak Presiden RI, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Hendrar Prihadi, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki N. Hanafi serta jajaran Pimpinan Kepala Lembaga Pemerintahan, jajaran Pimpinan Daerah, Pimpinan Provinsi, Kabupaten dan Kota, jajaran Direktur Badan Usama Milik Negara (BUMN), jajaran Pimpinan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Asosiasi dan para selaku usaha.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E.,Ganda, S.E.,M.A.P. ,M.M., M.Si menyampaikan, Penghargaan ini diserahkan pada acara “Temu Bisnis Tahap VI Indonesia Catalogue Expo And Forum (ICEF)” di JIExpo Jakarta pada Kamis 3 Agustus 2023.

Hadir dalam acara ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laloly, Kepala LKPP-RI, Hendrar Prihadi, Wakil Ketua KADIN Indonesia, Wakil Menparekraf dan Seluruh Kepala Daerah Se-Indonesia, Pejabat BUMN, Pejabat Pemerintah Daerah juga Para Pelaku Usaha.

Bupati Joune Ganda melalui pesan singkat menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan atas prestasi nasional yang diraih Kabupaten Minahasa Utara.

“Puji Tuhan, memang tidak mudah, banyak menciptakan riak dan dinamika, tapi capaian ini membuktikan bahwa kita sebenarnya mampu bekerja untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu untuk masyarakat, khususnya di Minahasa Utara,” ujar Bupati Joune Ganda.

Menurutnya, pembangunan ekosistem digital pada Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Minahasa Utara memiliki pengaruh besar dalam menguatkan keseluruhan program pembangunan ekonomi lokal, baik melalui marketplace, e-commerce dan tentu saja E-Katalog LKPP, Ekosistem Digital pada Pengadaan Barang dan Jasa kami sudah sangat baik, ini dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan yang kita terima.

“Saya berharap hal ini bisa mendongkrak perekonomian lokal kita. Ekosistem sudah jelas, sekarang ini saya tinggal bangun Rumah Kurasi, fungsinya adalah untuk mengatasi masalah kualitas produk, ketersediaan barang (quantity) dan keberlanjutan proses produksi. Selain rumah kurasi, juga ada komunal branding dalam menjawab tantangan ketersediaan produk.” pungkas Bupati Joune Ganda.

(IS/***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button