Minahasa Utara

Rumah Dataku Desa Bulutui Sukses Di Resmikan

BULUTUI,NyiurPOST.COM – Bupati Minahasa utara melalui Sekertaris daerah Ir Jemmy Kuhu, MA didampingi Kepala dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Sem Tirajoh dan Camat Likupang barat Maikel Parengkuan meresmikan “Rumah Dataku” di Desa Bulutui Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa utara, Kamis (18/11/2021).

Dalam Sambutan, Mewakili Bupati Joune Ganda, Jemmy Kuhu memberikan apresiasi positif diresmikannya Rumah dataku di Desa Bulutui sebagai kampung KB. Dikatakannya, Rumah dataku sangat penting bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung melalui program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga (Bangga Kencana) serta pembangunan sektor terkait dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Rumah data adalah tempat pusat semua penyajian data kependudukan yang akurat dan valid. Fungsinya, sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data penduduk ditingkat mikro, mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan dan menganalisis data oleh masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ucap Kuhu

Dalam kesempatan ini, Bupati juga meminta dukungan Camat, Hukum tua, penyuluh KB, Kader dan semua pihak terkait untuk suskseskan program Rumah Dataku, Bangga Kencana lewat Kampung Keluarga Berkualitas (KB) menuju perubahan untuk kemajuan dan kesejahteraan berlandaskan iman dan gotong royong.

Terima kasih dan penghargaan untuk semua pihak yang peduli pada kegiatan ini telah memberi kontribusi, saran dan pemikiran kedepan bagaiman memposisikan program keluarga berencana dan pembangunan keluarga dalam konteks pembangunan nasional yang berkeadilan dan berkelanjutan bersama program lainnya, Indonesia pintar, Indonesia sehat dan Indonesia kerja harus dipastikan berhasil,” kata Kuhu.

Sementara, Hukum tua Desa Bulutui Djanwar Albugis memberikan ucapan terima kasih kepada Bupati Minahasa utara Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Loutulung, yang terus memberikan perhatian dan peduli hingga suksesnya peresmian Rumah dataku.

Terima kasih untuk pemerintah Kabupaten Minahasa utara atas perhatian kepada masyarakat Bulutui. Harapan kami peran keluarga Desa Bulutui semakin meningkat dalam mewujudkan masyarakat yang sejahterah dalam berbagai aspek kehidupan,” tutur Albugis didampingi Sekertaris desa Samsudin Mamudi dan Kasi Pelayanan Jusrin Mahare.

Albugis juga mengingatkan, masyarakat untuk berperan aktif mendukung program vaksinasi nasional dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ditempat yang sama, Koordinator PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana) Likupang barat Meike Puah mengatakan rasa bangga, karena selama ini Rumah dataku hanya sewa tempat. Tapi hari ini telah menjadi milik sendiri Desa Bulutui.

Dalam Rumah data ini, terpampang didinding jumlah penduduk, Keluarga, PKK, Bayi, Balita, Lansia. Dokumen dan data kegiatan posyandu, diagram data Lansia dan Diagram kesehatan Lansia (penyakit yang diidap) serta lingkungan hidup, keluarga yang memiliki air, keluarga yang miliki tempat sampah, jamban dan Spal, keluarga yang memiliki tabungan dan lainnya.

(IS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button