Sport

Terkait Bonus Atlit Minut Di Ajang PORPROV Tahun 2022 Akan Segera Di Bayarkan

MINUT,NyiurPOST.COM – Permasalahan Bonus atlit Minahasa utara yang diberikan sebagai bentuk penghargaan pemerintah Kabupaten Minahasa utara (Minut) bagi para atlit yang meraih medali dalam kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sulawesi utara (Sulut) ke-XI di Bolmong pada 14- 21 November 2022 lalu yang telah menimbulkan berbagai pertanyaan karena belum juga direalisasikan, kini terjawab sudah.

Bupati Minut Joune J.E. Ganda , S.E., MAP, M.M., M.Si., melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Minut Audy Sambul menyampaikan, terkait soal pembayaran bonus kepada 298 Atlit kontingen Minut yang meraih medali Emas, Perak dan Perunggu pada prinsipnya baru dapat dibayarkan pada tahap pertama pada bulan Desember 2022 lalu.

“Dana bonus yang dibayarkan itu bukan dana sisa PORPROV untuk kontingen Minut seperti yang sering dipertanyakan, akan tetapi dana yang memang telah tertata dalam APBD 2022,” ucap Audy Sambul kepada media, senin 24 April 2023.

Dalam penjelasannya, Ia mengatakan untuk dana bonus bagi 298 atelit tertata jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah atlit yang harus dibayarkan.

Di ditambahkannya, soal kenapa bonus bagi atlit tidak tertata dalam postur APBD induk 2023, hal itu karena sebelum pelaksanaan PORPROV proses pembahasan APBD induk telah selesai dan tinggal menunggu persetujuan Gubernur. Oleh karena itu tidak dapat dirubah lagi.

Lanjutnya, terkait pembayaran dan besaran bonus bagi atlit di kota Manado cepat terbayar dan nilainya besar, hal itu kata Audy karena beberapa faktor antara lain PAD Kota Manado yang besar dan kontingen Kota Manado mendapat bonus sebagai juara umum sebesar Rp 10 miliar dari Pemprov.

Dia juga mengatakan bahwa pada tahap 1 lalu para atlit telah diserahkan bonus kepada peraih medali emas 4 juta, perak 2 juta dan peraih medali Perunggu sebesar 1 juta.

Mantan Kadis Pariwisata Minut ini mempertegas, adapun pembayaran bonus tahap 1 bagi 298 atlit merupakan ”Panjar” nantinya akan digenapi pada pembayaran tahap 2 nanti, yakni bagi peraih medali emas akan ditambah 6 juta, medali Perak 3 juta dan medali perunggu 1,5 juta.

”Sepengetahuan saya, soal bonus atlit dalam setiap ajang kejuaraan termasuk PORPROV pasti berbeda, semua tergantung pada kondisi keuangan daerah masing-masing” tandas Audy sambul sambil menegaskan pembayaran bonus tahap pertama lalu akan digenapi pada pembayaran tahap kedua yang akan di usulkan pada APBD perubahan tahun 2023 ini.

Sebelumnya, Bupati Minut Joune Ganda sudah menyerahkan bonus bagi para atlit dan pelatih yang berhasil meraih medali pada ajang Porprov XI Sulut lalu, di Hotel The Sentra Maumbi, Rabu (28/12/22) lalu.

Diketahui, dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulut XI 2022 yang dihelat pada 14-21 November 2022 di Bolaang Mongondow. Kontingen Minut berhasil mendulang 164 medali yang terdiri 53 emas, 51 perak, dan 60 perunggu.

Adapun penyerahan bonus kepada 298 atlet peraih medali diberikan secara simbolis, untuk peraih medali emas Rp 10 juta, medali perak Rp 5 juta dan peraih perunggu Rp. 2.5 juta.

Dalam kesempatan itu, Bupati Joune Ganda menyampaikan, pada laga PORPROV XI Sulut 2022 yang digelar di Kabupaten Bolaang Mongondouw menjadi sejarah baru bagi Kabupaten Minahasa Utara.

“Patut torang banggakan, dimana prestasi kita capai pada PORPROV Ke-XI ini adalah catatan sejarah baru bagi Kabupaten Minahasa Utara, karena selama ada ajang tersebut ini adalah capaian tertinggi kita berada di peringkat ke 2 PORPROV XI Sulut 2022, ” pungkas Bupati Joune Ganda yang saat itu didampingi Kadispora Audy Sambul dan Sekretaris Johan Mewengkang.

(IS/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button