Nasional

Terundang Di CMC 2024, Bupati Joune Ganda Jadi Salah Satu Pembicara, Ini Yang Di Katakan

JAKARTA,NyiurPOST.COM – Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune J.E. Ganda S.E. M.A.P., M.M., M.Si, turut serta dalam acara Crisis Management Conference 2024 (CMC 2024) yang berlangsung di The Langham Jakarta, SCBD pada tanggal 29-31 Mei 2024. Konferensi ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan kota-kota global dalam menghadapi berbagai krisis yang potensial terjadi.

CMC adalah pertemuan tahunan bagi 14 kota dari 14 negara anggota Network for Crisis Management (NCM). Sebagai jejaring internasional, NCM menyediakan wadah bagi kota-kota dunia untuk berdiskusi tentang penanganan ketahanan kota secara global, dan Jakarta telah menjadi anggota sejak 2001.

Tahun ini, Kota Jakarta diberi kehormatan menjadi tuan rumah CMC 2024, yang mengusung tema “Strengthening Disaster Resilience in a Global City”. CMC kali ini memiliki 3 topik utama pembahasan yaitu:

(1) Climate Change Mitigation and Adaptation: Impact of Floods and

Extreme Weather

(2) Disaster Preparedness through Sustainable Urban Spatial

Planning and Development

(3) Crisis Communication Strategies and

Collaboration in Disaster Management

Translation into Indonesian:

(1) Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim: Dampak Banjir dan Cuaca Ekstrem.

(2) Kesiapsiagaan Bencana melalui Perencanaan dan Pengembangan Ruang Kota Berkelanjutan.

(3) Strategi Komunikasi Krisis dan Kolaborasi dalam Manajemen Bencana.

Pada Session ke tiga, Bupati Joune Ganda menjadi pembicara dengan topik “Crisis Communication Strategies and Collaboration in Disaster Management” (Strategi dan Kolaborasi Komunikasi dalam Penanganan Krisis Bencana). Kegiatan ini menjadi wadah bagi kota-kota di Asia dan dunia untuk berbagi praktik terbaik, berdiskusi, dan membangun kerja sama dalam mitigasi dan penanggulangan bencana.

Melalui keterlibatan aktifnya, Bupati Joune Ganda memberikan contoh kepemimpinan proaktif dan responsif, yang diharapkan dapat menginspirasi pemangku kepentingan lain untuk memperkuat ketahanan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi krisis.

Bupati Joune Ganda menekankan bahwa CMC 2024 adalah langkah positif dalam memperkuat kerjasama antar daerah dalam menghadapi tantangan kompleks. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan global kota secara keseluruhan, membawa dampak positif dalam menjaga stabilitas dan keamanan di masa depan.

“Kerjasama antar daerah dalam CMC 2024 menjadi contoh bagi daerah lain untuk bersatu dan menghadapi tantangan global. Dengan saling mendukung dan berbagi sumber daya, daerah dapat lebih siap menghadapi potensi krisis di masa depan. Langkah-langkah kolaboratif ini penting untuk memastikan ketahanan yang kuat dan daya saing global, “ucap Bupati Joune Ganda

Helmi Abidin Regional Project Manager Urban Act Project, UCLG-ASPAC, menyampaikan, kehadiran Bupati Joune Ganda dalam CMC 2024 bukan hanya acara formal, tetapi juga langkah nyata dalam memperkuat solidaritas antar daerah, membangun ketahanan kota global, serta menjaga stabilitas dan keamanan di tengah tantangan masa kini dan masa depan.

Semoga kerjasama ini membawa manfaat bagi semua pihak dan menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia, “pungkas Helmi Abidin.

(IS/***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button