Minahasa Utara

Wabup Kevin Lotulung, Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana

JAKARTA,NyiurPOST.COM – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Kevin W. Lotulung S.H, M.H. menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana 2023 di Jl Expo Kemayoran Jakarta, Kamis (02/03/2023).

Diketahui, dalam kegiatan tersebut Wabup Kevin Lotulung didampingi oleh Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo dan Kepala BPBD Theo Lumingkewas.

Rakornas yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo tersebut dihadiri Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Selain itu, hadir juga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menparekraf Sandiaga Uno, Para Gubernur, Bupati dan Walikota, jajaran BNPB, BPBD serta Forkopimda se-Indonesia.

Presiden R.I Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Indonesia menempati tiga teratas negara paling rawan bencana, yang mana frekuensi bencana alam di indonesia meningkat 81 %. Pada 2010 ada 1945 bencana di indonesia, sedangkan pada 2022 jumlahnya menjadi 3.544 bencana.

”Saya memerintahkan semua lembaga terkait tetap siaga dan waspada dalam hal tahap pra- bencana, tahap tanggap darurat maupun pasca bencana”. Tegas Presiden Jokowi.

Apa yang ditakuti oleh dunia saat ini bukan lagi pandemi, bukan lagi perang, tetapi yang lebih mengerikan adalah perubahan iklim, yang menyebabkan frekuensi bencana alam dunia naik drastis.” Tambah Presiden Jokowi.

Sementara itu, Wabub Kevin Lotulung dalam penyampaiannya mengatakan, maksud dari penyelenggaraan Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023 adalah sebagai sarana koordinasi antar BNPB dan BPBD beserta stakeholder terkait baik pusat maupun daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

“Rakornas penanggulangan bencana dilaksanakan dalam rangka penguatan koordinasi dan keterpaduan penyelenggaraan penanggulangan bencana oleh BNPB,” pungkasnya.

(IS/Humas)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button