Berita Terkini

Joune Ganda Terpilih Sebagai Ketua PINKAN Sulut, Kolintang Akan Di Buat Mendunia

TOMOHON,NyiurPOST.com-Bupati Minahasa Utara yang baru saja terpilih Joune Ganda SE rencananya akan menjadikan musik tradisional Minahasa yaitu Kolintang menjadi terkenal di dunia dan dapat memberikan dampak positif dalam ekonomi daerah juga bagi para pelaku musik Kolintang di Sulut.

Hal ini dikatakan Joune Ganda saat terpilih secara aklasami sebagai ketua Pengurus Insan Kolintang Indonesia (PINKAN) periode 2021 – 2025 melalui Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar di RBN Wale Ma’ Zani Tomohon, Sabtu (30/1).

Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan, untuk mengembangkan dan melestarikan musik kolintang, butuh komitmen dan keseriusan semua pihak terutama para pelaku seni di Sulawesi Utara terlebih khusus para seniman musik kolintang.

“Musik kolintang akan kami upayakan agar tidak hanya bernilai seni dan lestari, tetapi juga dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi para pelaku atau stakeholder. Dukungan dari semua pengurus dan para pencinta seni budaya di daerah ini sangat kami harapkan demi kemajuan musik kolintang yang merupakan alat musik aset Sulawesi Utara.”kata Joune Ganda.

Untuk menjalankan roda organisasi, Joune Ganda menambahkan pihaknya bersama pengurus DPD Sulut akan melakukan konsolidasi pembentukan PINKAN di 7 kabupaten dan kota.

Terpisah, ketua harian DPD PINKAN Sulut, Jopie J.A Rori mengatakan, untuk memajukan musik kolintang di Sulawesi Utara membutuhkan figur seperti Joune Ganda. Selain sebagai pencinta seni budaya daerah, ia juga dikenal memiliki jaringan yang luas. Untuk itu kami sangat menaruh harapan besar, musik kolintang ini kedepan akan lebih maju dan mendunia.

“Joune Ganda adalah figur yang tepat untuk menahkodai PINKAN Sulut. Dengan latar belakang pengusaha yang bergerak dalam sektor pariwisata, kami sangat optimis warisan budaya musik kolintang ini akan berkembang dan di kenal sampai ke manca negara.”ujar Rori.

Musda II Pinkan Sulut ini turut dihadiri oleh perwakilan organisasi dan pemerhati serta stakaholder kolintang dari berberapa Kabupaten dan kota di Sulut serta pejabat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulut.

(IS)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button